LPM Mayantara

LPM Mayantara

Seniman Tari dari Berbagai Sanggar Ramaikan Puncak Pagelaran Sekaten Art Festival

Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Kraton Surakarta, GKR Wandansari Koes Murtiyah atau yang kerab disapa Gusti Moeng nampak menikmati sajian tari dalam puncak Sekaten Art Festival 2024 di Pendapa Sitinggil Lor, Minggu (15/9/2024). (Foto: Anisa Nur Fitriani/lpmmayantara.com)


Reporter : Anisa Nur Fitriani

MAYANTARA - Lantunan suara gamelan mewarnai atraksi indah para penari dalam penutupan acara bertajuk "Sekaten Art Festival" pada Minggu (15/9/2024) malam. 

Bertempat di Pendapa Sitinggil Lor, kegiatan Sekaten Art Festival berlangsung sejak Rabu (11/9/2024) tersebut merupakan rangkaian acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. 

Arsyan, salah seorang panitia penyelenggara menyebut pementasan tari dalam kegiatan Sekaten Art Festival melibatkan seniman tari dari berbagai sanggar. 

“Acara ini diikuti dari berbagai sanggar tari di Kota Solo. Ada sanggar keraton, terus kemudian ada juga yang dari komunitas begitu,” terangnya. 

Tak hanya jadi sarana hiburan masyarakat, kegiatan tahunan tersebut turut mengundang para penari dari berbagai usia. Salah satunya Aulia.

Ia dan kawannya Candani yang berasal dari sanggar Pratama Budaya turut serta mementaskan Tari Cenderawasih. 

 “Senang bisa ikut pentas, di sini yang ikut dari berbagai sanggar, jadi ramai,” terang Aulia.

Usai Sekaten Art Festival, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat akan melakukan prosesi Hajad Dalem Gunungan pada Senin (16/9/2024) pagi seiring berakhirnya tabuhan Gamelan Sekaten.***