LPM Mayantara

LPM Mayantara

Malam Keakraban HIMASUTA, Mahasiswa Baru Diajak Lebih Dekat dengan UKM UT Surakarta

Suasana Makrab HIMASUTA 2024 dengan tema "Get Closer With Himasuta" di Universitas Terbuka Surakarta. (Foto: Dokumentasi Himasuta)

Penulis: Mutiara Putri Pinasti

MAYANTARA- Himpunan Mahasiswa Universitas Terbuka Surakarta (HIMASUTA) menggelar acara Malam Keakraban (Makrab) bertajuk "Get Closer With HIMASUTA" pada Sabtu hingga Minggu, 28-29 September 2024. 

Acara ini diikuti oleh 50 mahasiswa baru dan berlangsung di kampus Universitas Terbuka Surakarta.

Makrab juga menghadirkan perwakilan dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Terbuka Surakarta untuk mempresentasikan profil serta kegiatan mereka kepada para peserta.

Andre Adji Pangestu, ketua pelaksana acara, mengungkapkan bahwa persiapan kegiatan sempat menghadapi tantangan, terutama dalam hal pencarian peserta. 

"Kami sempat terkendala dalam memenuhi kuota peserta di H-7 sebelum acara, namun Alhamdulillah akhirnya kuota terpenuhi dan acara bisa berjalan lancar,"  jelasnya.

Andre juga menambahkan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah memperkenalkan UKM kepada mahasiswa baru serta membuka peluang bagi mereka untuk menjalin relasi baru dan aktif dalam kegiatan kampus.

"Selain mengenalkan UKM kepada mahasiswa baru, makrab ini juga bertujuan untuk memperluas relasi dan memotivasi mereka untuk aktif bergabung dalam UKM," tambahnya.

Dalam acara ini, sambutan juga diberikan oleh Ratih Paramitasari, S.E., M.Si., selaku Manager Marketing dan Registrasi Universitas Terbuka Surakarta. 

Ia menyampaikan harapannya agar makrab HIMASUTA 2024 dapat menjadi jembatan yang mempererat hubungan antara mahasiswa baru dan lama, serta memperkenalkan lebih dalam mengenai UKM dan HIMASUTA.

"Melalui makrab HIMASUTA 2024 ini, diharapkan mahasiswa baru dan lama bisa lebih mengenal tentang UKM dan HIMASUTA, serta sebagai penjembatan untuk menjalin relasi dengan teman-teman di Universitas Terbuka Surakarta," ujar Ratih dalam sambutannya.

Sebanyak 20 UKM diperkenalkan selama acara, termasuk UKM jurnalistik, tari, vokal, tilawah, debat bahasa, MC, MAPALA, dan lainnya. 

Selain sesi perkenalan, berbagai kegiatan seru seperti outbound, permainan kelompok, dan senam juga digelar untuk mempererat hubungan antar peserta.

Dengan adanya makrab ini, mahasiswa diharapkan semakin termotivasi untuk aktif berpartisipasi dalam UKM serta mampu memperluas jaringan sosial mereka di lingkungan kampus.***

Editor: Nabila Nur Khasanah