LPM Mayantara

LPM Mayantara

Ikuti OSMB, Mahasiswa Baru UT Surakarta Dibekali Materi Pencegahan Kekerasan Seksual

Peserta OSMB tengah mengikuti sesi. (Foto: Doni/lpmmayantara.com)


Penulis: Mutiara Putri

MAYANTARA- Universitas Terbuka Surakarta mengadakan kegiatan OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) pada Sabtu-Minggu, 21-22 September 2024 bertempat di Hotel Lor Inn, Karanganyar.

Kegiatan tersbeut dilakukan dengan dua sistem yaitu online dan offline yang diikuti seluruh mahasiswa baru Universitas Terbuka Surakarta.

OSMB merupakan kegiatan wajib yang diikuti oleh mahasiswa baru guna memberi informasi yang akan dibutuhkan selama proses pembelajaran.

Manajer Registrasi UPBJJ UT Surakarta, Ratih Paramitasari menyebut OSMB bagi mahasiswa baru merupakan kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan. 

Ia juga menuturkan bahwa Universitas Terbuka saat ini menjadi pilihan masyarakat lantaran sejumlah kelebihan. 

"Tak hanya sistem pembelajaran yang fleksibel, namun biaya kuliah di UT juga sangat terjangkau dan memberikan akses serta layanan pembelajaran yang mudah digunakan kapan saja dan dimana saja," ujar Ratih.

Ratih menambahkan, keunggulan lain dari Universitas Terbuka adalah ketersediaan berbagai macam jenis layanan bagi mahasiswa. 

"Ada banyak layanan yang diberikan dari UT untuk menunjang kemudahan pembelajaran salah satunya seperti bahan materi pokok (BMP), ruang baca virtual (RBV), wifi.id, dan lain-lain," tambahnya.

Tak hanya membahas seputar sistem pembelajaran di UT, dalam gelaran OSMB kali ini mahasiswa turut dibekali mengenai pencegahan pelecehan seksual.

Staff UT Surakarta, Lufita Sari menyampaikan tentang adanya wadah yang dapat digunakan oleh mahasiswa UT apabila terjadi tindakan kekerasan seksual, yakni dengan melapor ke Satgas PPKS (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual).

"Banyaknya kekerasan seksual seperti verbal, physical, cyber, dan lain lain dapat menyebabkan terganggunya mental seseorang dan harus segera ditangani," tambahnya.

Dalam acara tersebut, Himpunan Mahasiswa Universitas Terbuka Surakarta (HIMASUTA) turut mengadakan ekspo Unit Kegiatan Mahasiswa. 

"Ada sekitar 20 UKM yang aktif di UT Surakarta. Salah satunya seperti  jurnalistik, tari, pencak silat, MC, dan masih banyak lainnya," terang Eka, salah seorang pengurus HIMASUTA.***