LPM Mayantara

LPM Mayantara

Tingkatkan Kemampuan, Reporter LPM Mayantara Ikuti Pelatihan Jurnalistik LKBN Antara

Kepala Biro Antara Jawa Tengah, Imam Teguh Wibowo tengah menyampaikan materi dalam pelatihan jurnalistik Antara, Kamis (22/8/2024) di Bale Sisworini, Pura Mangkunegaran, Surakarta. (Foto: Nino Sativara/lpmmayantara.com) 


Penulis: I.K Nino Sativara 

MAYANTARA- Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara menyelenggarakan pelatihan jurnalistik bagi pers mahasiswa pada Kamis (22/8/2024) di Bale Sisworini, Pura Mangkunegaran, Surakarta. 

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 22 orang yang berasal dari berbagai Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dari sejumlah perguruan tinggi di Jawa Tengah. 

Kepala Lembaga Pendidikan Antara, Wuryanti Puspitasari, dalam pembukaannya menyebut kegiatan pelatihan jurnalistik merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan LKBN Antara. 

Ia menjelaskan pelatihan jurnalistik bagi Lembaga Pers Mahasiswa bertujuan untuk memberikan bekal bagi insan pers di kampus. 

"Kegiatan ini diharapkan dapat membuat teman-teman semakin mengasah kemampuan jurnalistik, khususnya menulis. Kenapa menulis saja? karena kalau fotografi beda lagi materinya, nanti bisa melebar," ujar pewarta senior Antara itu. 

Wury, sapaan akrab Wuryanti, berbagi ilmu jurnalistik kepada para peserta seperti materi dasar kepenulisan, jenis berita, menulis hard news, hingga metode liputan. 

Peserta juga langsung mempraktikkan kemampuan yang telah didapat dengan melakukan liputan di lingkungan Pura Mangkunegaran. 

Kepala Biro Antara Jawa Tengah, Imam Teguh Wibowo turut hadir dan berkesempatan membedah karya-karya hasil reportase singkat para peserta. Ia turut memberikan masukan dan koreksi kepada hasil liputan berita. 

"Nah, sekarang kita saling mengkoreksi, saling belajar. Ternyata teman-teman bisa menemukan banyak berita meski lingkup liputannya terbatas hanya di sekitar Pura Mangkunegaran," ujar Teguh. 

Selain itu, para peserta tampak antusias dan aktif berdiskusi dalam sesi bedah karya. Mahendra Cipta, peserta asal Kendal mengaku senang dapat mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik Antara. 

"Penyampaian narasumber jelas, mudah dipahami dan menggugah rasa ingin menulis. Kedua, cukup efektif karena ada materi teori dan praktek dalam satu hari pelatihan," pungkas mahasiswa Universitas Negeri Semarang itu. 

Selain kegiatan pelatihan jurnalistik, LKBN Antara juga mengadakan pameran foto-foto jurnalistik di Pura Mangkunegaran dengan tajuk "Kunokini" yang menampilkan 107 karya dari pewarta foto.***

Editor: Nabila Nur Khasanah