LPM Mayantara

LPM Mayantara

Persiapan Terbatas Tak Surutkan Semangat, Tim Olimpiade Sains Biologi UT Surakarta Sukses Raih Juara 2

Kontingen Olimpiade Sains UT Surakarta (kiri ke kanan) Tim cabang lomba Biologi, cabang lomba statistika, dan cabang lomba matematika. (Foto: Humas UT Surakarta)


Penulis : I.K Nino Sativara

MAYANTARA- Tim olimpiade sains cabang perlombaan biologi Universitas Terbuka Surakarta berhasil mendapatkan juara kedua pada kompetisi Disporseni (Diskusi Ilmiah, Pekan Olahraga, dan Seni) UT 2024.

Dalam kompetisi yang berlangsung di Gedung Wisma 2, Universitas Terbuka Pusat, Pondok Cabe, Tangerang Selatan pada Minggu (25/8/2024) tersebut Universitas Terbuka Surakarta diwakili oleh Krendy La Abdillah, mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), bersam Ajeng Megasari, mahasiswa Prodi Agribisnis. 

Kepada tim redaksi LPM Mayantara, Krendy bercerita seputar kesiapan tim-nya dalam kompetisi tahunan Universitas Terbuka itu. 

"Alasan saya ikut karena saya melihat ada kesempatan. Awalnya nggak berorientasi menang. Saya pikir ikut untuk bisa memperluas jaringan dan kemampuan saya. Sekalian optimalisasi karena saya juga beasiswa," ujar dia. 

Semula, tim olimpiade sains biologi UT Surakarta telah terpilih 2 orang calon peserta. Namun mendekati babak penyisihan, salah satunya mengundurkan diri. 

"Saya ikut seleksi sekitar awal Agustus kemarin, agak mendadak karena (peserta) yang harusnya berangkat justru mengundurkan diri. Seleksi ini baru di tingkat UPBJJ saja alias memilih kontingen yang akan berangkat," terang Krendy. 

Setelah terpilih menjadi wakil UT Surakarta dalam kompetisi olimpiade biologi ia menuturkan hanya memiliki waktu terbatas untuk persiapan babak penyisihan. 

"Babak penyisihan dilakukan secara online. Saya latihan cuma 3 kali bimbingan untuk babak penyisihan. Alhamdullilah saya lolos. Bahkan masuk ke 6 besar," terangnya. 

Meski persiapan terbatas Krendy berhasil berangkat ke semi final. Ia mengaku sempat alami kendala lantaran latar belakangnya sebagai mahasiswa Prodi PWK. 

"Awalnya memang perlu beradaptasi, soalnya satu-satunya materi yang nyerempet ke biologi cuman ekologi di (Prodi) PWK. Tapi ya nggak masalah, lainnya bisa dipelajari," jelas dia. 

Babak semi final olimpiade sains biologi diselenggarakan pada Sabtu (24/8/2024) di UT Pusat, dari 6 kontingen yang berhasil masuk semi final, tim UT Surakarta berada di urutan kedua, sehingga lolos ke babak final. 

Pertandingan final diadakan keesokan harinya pada Minggu (25/8/2024). Krendy bersama Ajeng berhasil meraih juara kedua. 

"Di final itu tidak cuma mengerjakan soal. Jadi kami harus praktikum dulu, kemudian membuat analisis hasil praktikum, baru kemudian dipresentasikan ke dewan juri. Syukurlah berhasil Juara 2," tandas Krendy. 

Dalam perlombaan olimpiade sains, UT Surakarta juga mengirimkan kontingen pada cabang lomba statistika dan matematika. 

Tim olimpiade sains statistika berhasil mendapatkan juara 3, sedangkan tim olimpiade sains matematika berhasil meraih juara 2. 

Disporseni UT 2024 merupakan ajang tahunan yang mempertandingkan sejumlah cabang perlombaan. Setidaknya terdapat 13 cabang lomba yang dapat diikuti oleh mahasiswa UT maupun mahasiswa dari universitas lain. 

Kompesiti dalam rangka Dies Natalis UT ke-40 ini telah diselenggarakan sejak bulan Mei lalu dan akan selesai pada bulan September mendatang.***