LPM Mayantara

LPM Mayantara

Ajak Jurnalis Muda Kritis Hadapi Era Disrupsi Digital, Diklat Dasar Jurnalistik LPM Mayantara Sukses Digelar

Kru LPM Mayantara berfoto bersama usai materi dalam Diklat Dasar Jurnalistik 2024. (Foto: Fadillah Indiyuni Astuti/lpmmayantara.com)

Penulis : Aditya Andyka

MAYANTARA- Diklat Dasar Jurnalistik LPM Mayantara  resmi dibuka oleh Pembina UKM Jurnalistik UT Surakarta, Danar Kristiana Dewi, S.I.Kom, M.I.Kom pada Sabtu (24/8/2024) bertempat di ruang Video Conference UPBJJ UT Surakarta.

Mengawali kegiatan diklat, Danar menyampaikan tantangan para jurnalis kampus dalam menghadapi era disrupsi digital saat ini. 

"Saat ini media digital merajai, padahal tingkat literasi masyarakat kita cenderung rendah. Belum lagi tren media sosial saat ini yang sering muncul hoax," ujar dia. 

Lebih lanjut wanita yang juga menjabat sebagai PJ Marketing UPBJJ UT Surakarta ini menjelaskan bagaimana pengembangan kemampuan para jurnalis melalui penulisan berita features secara tematik yang mampu mengasah daya kritis tiap anggota.

Menurutnya, penulisan features bisa memperkaya konten LPM Mayantara menjadi lebih beragam, sesuai topik yang dikuasai anggotanya. 

"Jadi dengan menulis features, kalian bisa produksi konten di media online sekaligus bisa juga dikumpulkan jadi satu dalam media cetak seperti majalah. Sehingga produknya tidak hanya daring namun juga cetak. Mulai dari topik yang disukai kemudian perdalam dan beri tema di setiap bulan," tambah Danar. 

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari hingga Minggu (25/8/2024) tersebut, terdapat pula acara serah terima jabatan dari I.K Nino Sativara selaku Ketua Umum generasi pertama kepada Fadillah Indiyuni Astuti selaku Ketua Umum generasi kedua.

Ketua Umum angkatan pertama, I.K Nino Sativara menyebut bahwa generasi penerus LPM Mayantara perlu berkomitmen untuk dapat maju mengembangkan organisasi seraya meningkatkan kualitas produk media daring. 

"Kita perlu lebih baik lagi. Sesuai arahan dari pembina, bahwa kita akan mengembangkan LPM ini menjadi berkualitas dengan produk yang beragam," jelasnya. 

Untuk mempererat rasa persaudaraan dan kerja sama dalam organisasi, diadakan pula outbound games yang terdiri dari susun artikel, estafet karet gelang, dan voli air antar anggota LPM Mayantara. 

Kegiatan ditutup dengan sesi pembagian hadiah, foto bersama dan kebersihan lingkungan.***


Editor : I.K Nino Sativara