LPM Mayantara

LPM Mayantara

Wisuda Periode I Tahun Akademik 2024/2025 Universitas Terbuka Surakarta Sukses Digelar

(Kiri ke kanan) Kepala Cabang Disdik Wilayah VII Agus Triyanto, Warek Bidang Akademik Muhammad Yunus, Direktur UPBJJ UT Surakarta Yulia Budiwati dalam pembukaan wisuda periode I tahun akademik 2024/2025 pada Kamis (29/2). (Foto: Krendy La Abdillah)


Penulis : Krendy La Abdillah 

MAYANTARA- Universitas Terbuka Surakarta menyelenggarakan wisuda periode I tahun akademik 2024/2025 yang dilaksanakan pada Kamis (29/2/2024) bertempat di Gedung Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Surakarta. 

Gelaran wisuda kali ini turut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Muhammad Yunus,S.S., M.A.

Dalam sambutannya, ia memberikan semangat dan harapan kepada wisudawan/wisudawati yang telah hadir dalam kegiatan tersebut. 

"Saya berharap prestasi yang telah tercapai menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus berbuat yang terbaik untuk perkembangan pendidikan perguruan tinggi di Indonesia dan bagi anak-anakku sekalian anak Indonesia yang luar biasa ini," tandas Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Terbuka. 

Ia turut memberikan wejangan agar terus antusias dalam meraih pendidikan tinggi dan terus terdorong dalam merealisasikannya. 

“Lanjutkan kuliah bagi yang kesanggupan yang melanjutkan, kalau perlu program S3 Anda tuntaskan. Tapi saat ini baru S1 nggak papa, bercita-cita untuk berlanjut ke S3,” ujar Yunus.

Direktur UPBJJ UT Surakarta, Dra. Yulia Budiwati M.Si menyebut dalam wisuda tersebut, Universitas Terbuka Surakarta meluluskan sebanyak 496 wisudawan yang terdiri dari program Diploma hingga Magister.

"Bahwa calon wisudawan UT  dibekali 3 hal yang salah satunya perguruan tinggi umumnya pasti membekali itu. Pertama, kemampuan kompetensi di bidang ilmu, kalau kaji pasti mahir lah. Kedua, keterampilan pemanfaatan teknologi pembelajaran. Kemudian ketiga adalah kemandirian," ungkap Yulia pada sesi wawancara. 

Ia juga mengatakan bahwa hasil yang diharapkan kepada mahasiswa, dapat lulus sesuai dengan kompetensi dan sesuai dengan keahlian masing-masing.

"Mereka berkiprah sesuai dengan kompetensi dan sesuai dengan keahlian, ya sudah tinggal berkiprah saja dengan keahlian," tambah alumnus UGM itu. 

Dalam acara tersebut diberikan pula penghargaan kepada lulusan terbaik dari masing-masing fakultas yakni, Barida Sausani Tifali dari Program Studi S1 Prodi Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan berhasil mencapai sebagai lulusan terbaik Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan IPK 3,96. 

Kemudian, Aprilia Krisdwiyanti dari Program Studi S1 Akuntansi berhasil mencapai sebagai lulusan terbaik Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3,90. 

Umi Kasanah dari Program Studi S1 Akuntansi berhasil mencapai peringkat tertinggi sebagai lulusan terbaik Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3,90. 

Selanjutnya lulusan terbaik dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berhasil dicapai oleh Bastian Tri Wijayanto dari Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota dengan IPK 3,86. 

Terakhir, lulusan terbaik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan didapatkan oleh Siti Nurjanah dari Prodi S1 PGPAUD dengan IPK 3,84. 

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah yang diwakili oleh Agus Triyanto, M.Si selaku Kepala Cabang Pendidikan Wilayah 7.***



Editor: I.K Nino Sativara