LPM Mayantara

LPM Mayantara

Mahasiswa Universitas Terbuka Keluhkan Nilai E, Pihak Kampus Sebut Penilaian Sudah Sesuai

Ilustrasi nilai E. (Foto: Istimewa)


Penulis : Krendy La Abdillah 

MAYANTARA- Sejumlah mahasiswa Universitas Terbuka mengukapkan kekecewaan mereka mengenai hasil Ujian Akhir Semester (UAS) yang kurang memuaskan.

Lebih cepat dari jadwal, nilai Ujian Akhir Semester (UAS) mahasiswa Universitas Terbuka resmi diumumkan pada Rabu, 31 Januari 2024.

Tak lama usai pengumuman, sejumlah respon negatif muncul lantaran banyak mahasiswa yang mendapat nilai E. 

Mereka mengklaim telah mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik, dan mendapat skor yang cukup. 

Hal ini menimbulkan beragam reaksi dan protes di kalangan mahasiswa di kolom komentar media sosial Instagram Universitas Terbuka.

"Awalnya kaget karena mendapat nilai E di salah satu Matkul, padahal berharap mendapatkan bantuan tuton setelah mencapai 30 persen nilai ujian. Namun, ternyata banyak yang mengalami masalah serupa, mungkin karena sistem error atau belum semua nilai diinput. Harapannya, pada tanggal 7 Februari, semua nilai sudah benar dan hasilnya bagus untuk semua. Yuk, berdoa bersama-sama," tulis akun @putri*****. 

Reaksi serupa juga muncul pada laman grup Facebook Komunitas Sahabat UT. Berdasarkan pantauan redaksi LPM Mayantara sejak 31 Januari hingga 7 Februari 2024, laman grup tersebut dipenuhi postingan-postingan berisi protes dan luapan kekecewaan mahasiswa. 

"Nilai tugas saya bagus, dan UO saya mendapat skor 27 dari 50 soal. Tapi kok tetep dapet nilai E?," tulis akun Ai******.  

Menanggapi kegaduhan tersebut, Direktur Universitas Terbuka Surakarta, Dra.Yulia Budiwati angkat bicara. 

Ia mengungkapkan tidak ada kekeliruan dalam sistem dan seluruhnya telah berjalan sebagaimana mestinya. 

"Nilai sudah final ( tidak berubah ), serta mahasiswa bisa menyampaikan keluhan mengenai hasil nilai UAS melalui nomor Whatsapp UT Surakarta yang sudah tersedia," ujar Yulia pada Rabu (07/02/2024). 

Ia juga menyebut bahwa pihak kampus memahami kekhawatiran dari mahasiswa akan hasil nilai Ujian Akhir Semester (UAS) dan menyarankan untuk dapat melaporkan keluhan melalui layanan yang tersedia. 

"Bisa mengadukan masalah melalui Hallo UT di websitenya, atau melalui nomor Whatsapp Universitas Terbuka yakni 08119050024," terang akademisi kelahiran Solo itu.  

 "Mahasiswa yang mendapatkan nilai E diharapkan untuk mengulang melalui proses registrasi ulang MK ( Mata Kuliah )," tandasnya. ***




Editor: I.K Nino Sativara