LPM Mayantara

LPM Mayantara

Ajak Calon Wisudawan Raih Mimpi, Seminar Wisuda Periode 1 Tahun Akademik 2023/2024 Sukses Terlaksana

Dosen sekaligus kreator konten, Albert Muhammad dalam acara Seminar Wisuda Periode 1 Tahun akademik 2023/2024 Universitas Terbuka Surkarta pada rabu (28/2/2024).
(Foto: YouTube UT Surakarta/Krendy La Abdillah)


Penulis : Krendy La Abdillah

MAYANTARA- Universitas Terbuka Surakarta menggelar seminar bertajuk "Berani Bermimpi dan Mewujudkannya" dalam rangkaian kegiatan pra-wisuda bagi mahasiswa periode 1 tahun akademik 2023/2024 pada Rabu (28/2/2024) bertempat di Gedung Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Surakarta.

Seminar tersebut mengundang Albert Muhammad Isrun Naini, S.Sos, M.Pol.Sc, Ph.D, seorang peneliti  Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sekaligus dosen Magister Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Dalam materinya, Albert mengungkapkan pentingnya memahami tantangan dunia kerja bagi para calon wisudawan/wisudawati. 

"Setelah lulus pada dasarnya akan dihadapkan 3 hal umum, yakni bekerja, studi lanjut, atau menikah. Nah, mana yang kira-kira mau anda pilih?," ucap dosen yang juga aktif sebagai kreator konten di media sosial itu. 

Albert menyebut tantangan dunia kerja ke depan akan semakin banyak rintangan, hal tersebut yang harus menjadi perhatian bagi para calon wisudawan sebelum terjun ke tahap selanjutnya. 

"Umumnya bekerja ya, atau kalau temen-temen UT kan banyak yang sudah bekerja. Umumnya pasti merasa inferior ya? Takut saing dengan lulusan kampus ternama, ah tapi nggak masalah. Harus tetap berani, nggak apa-apa," jelas dia. 

Sembari memberikan seminar, sesekali Albert melempar pertanyaan diselingi gurauan kepada peserta. 

"Apa lanjut menikah? Bagaimana mas? (sambil menghampiri salah seorang peserta) Mas nya sudah ada calon belum ini?," tanya dia diikuti tawa dan tepuk tangan dari peserta. 

Tak lupa Albert juga mengingatkan kepada peserta pentingnya untuk terus berjuang dan berusaha dalam menggapai cita-cita.

"Ketika kita sudah tidak tahu mau ngapain, yang penting kita berusaha dan yakin bahwa Tuhan akan mengasih itu (cita-cita)," ujar Albert. 

Ikut hadir dalam acara tersebut, Direktur UPBJJ UT Surakarta, Dra.Yulia Budiwati M.Sis dan dimeriahkan pula dengan penampilan Tari Incling Jangget yang diperagakan oleh mahasiswa UKM Seni Tari. 

Dengan adanya seminar, diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi mahasiswa UT Surakarta  meningkatkan semangat dan determinasi untuk mewujudkan impian mereka di masa depan.***



Editor: I.K Nino Sativara