LPM Mayantara

LPM Mayantara

Universitas Terbuka Membuka Sejumlah Program Studi Baru pada 2024, Berikut Daftar Lengkapnya

Ilustrasi penambahan program studi baru UT. (Ilustrasi: I.K Nino Sativara/lpmmayantara.com).


Penulis : Krendy La Abdillah 

MAYANTARA- Universitas Terbuka berencana membuka sejumlah program studi (prodi) baru pada tahun 2024 mendatang.

Dilansir dari Antara, Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat menyebut pihaknya tengah menyiapkan setidaknya 8 program studi baru.

"Nantinya terdapat 5 prorgram studi baru pada tingkatan Sarjana (S1) dan 3 prodi di Pascasarjana (S2)," ujarnya pada Selasa (19/9/2023).

Adapun sejumlah program studi baru tersebut yakni Aktuaria, Perpajakan, Desain Komunikasi Visual, Sains Data, Bimbingan Konseling, dan Pendidikan Agama Islam pada jenjang Sarjana (S1). 

Sedangkan program studi baru Pascasarjana (S2) meliputi Ilmu Komunikasi, Akuntansi, dan Pendidikan Guru PAUD (PG PAUD). 

Senada dengan rektor, Direktur UPBJJ UT Surakarta, Dra.Yulia Budiwati menerangkan bahwa pembukaan program studi baru bertujuan untuk memberikan pilihan yang beragam bagi masyarakat.  

“Pembukaan prodi baru itu dalam rangka UT berusaha untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan prodi yang lebih beragam," terang dia pada Minggu (17/12). 

Yulia juga menyebut bahwa penambahan prodi selaras dengan tujuan Universitas Terbuka dalam usaha pemerataan pendidikan tinggi di Indonesia. 

"UT berupaya memeratakan pendidikan tinggi kepada seluas mungkin masyarakat Indonesia, apalagi mengingat bahwa Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Tinggi (APK-PT) di Indonesia termasuk masih rendah, yaitu 36,31% pada tahun 2022," tambah dia. 

Tak berhenti sampai di situ, Yulia juga berharap adanya penambahan program studi baru bisa menambah minat masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kualifikasi melalui pembelajaran jarak jauh atau daring. 

“Mulai Januari 2024, UT akan membuka  Prodi S1 Pendidikan Agama Islam, dan S1 Perpajakan. Kemudian pada semester-semester selanjutnya akan dibuka prodi-prodi lainnya," tandas Yulia. 

Terkait dengan pendaftaran, calon mahasiswa baru dapat mengakses melalui laman ut.ac.id atau dapat bertanya langsung di kantor layanan UPBJJ setempat.*** 



Editor: I.K Nino Sativara