LPM Mayantara

LPM Mayantara

Pendaftaran Relawan KIP Kuliah 2024 Segera Ditutup, Simak Jadwal dan Persyaratannya Berikut Ini

Pendaftaran relawan KIP Kuliah 2024.
(Ilustrasi: I.K Nino Sativara/lpmmayantara.com)


Kontributor : Muhammad Fariz 

MAYANTARA- Setelah dibuka sejak November lalu, pendaftaran relawan KIP-K (Kartu Indonesia Pintar-Kuliah) Tahun 2024 akan segera ditutup pada 31 Desember 2023 mendatang.

KIP Kuliah merupakan program Pemerintah Indonesia berupa bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan kepada siswa kurang mampu untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. 

Namun sejak peluncurannya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya program beasiswa tersebut, khususnya lulusan SMA/SMK sederajat.

Maka dari itu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka pendaftaran relawan KIP Kuliah 2024 guna memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait program tersebut. 

Dilansir dari akun Instagram resmi @ditjen.dikti, relawan KIP Kuliah dapat diikuti oleh mahasiswa aktif maupun alumni KIPK/bidik misi. 

Nantinya relawan KIP Kuliah bertugas melakukan serangkaian kegiatan sosialisasi bagi alumni SMA/SMK sederajat lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024 mengenai program KIP Kuliah. 

Perlu diketahui bahwa kegiatan ini tidak akan mendapat uang saku dari pemerintah, namun sukarelawan akan mendapatkan e-sertifikat dan jaringan relawan KIP Kuliah seluruh Indonesia.  

Syarat Pendaftaran Relawan KIP Kuliah 2024

Adapun sejumlah persyaratan bagi calon pelamar KIP Kuliah adalah sebagai berikut,

1. Mahasiswa aktif dan Alumni KIP-Kuliah/ bidikmisi

2. Curriculum Vitae

3. Memiliki akun Instagram, X (Twitter), dan Youtube ( bagi yang belum memiliki dapat

membuat terlebih dahulu)

4. Mengisi link pendaftaran

Cara Pendaftaran Relawan KIP Kuliah 2024

Pendaftaran relawan KIP Kuliah Tahun 2024 dapat dilakukan secara online dengan cara sebagai berikut,

1. Mengakses https://s.id/relawankipk2024

2. Mengisi formulir dengan data yang benar dan persiapkan persyaratan yang telah diajukan

3. Unggah Curriculum Vitae (CV) 

4. Unggah persyaratan

Setelah melengkapi seluruh data pada formulir klik tombol kirim, kemudian akan diarahkan untuk bergabung ke grup Whatsapp melalui tautan yang telah disediakan. 

Berdasarkan jadwal yang telah dirilis, tahap seleksi dan wawancara berlangsung dari tanggal 15 Desember 2023 dan berakhir pada 15 Januari 2024. 

Nantinya hasil seleksi akan diumumkan pada 17 Januari 2024. Relawan yang lolos seleksi akan menerima pembekalan pada 20 hingga 21 Januari 2024.***




Editor : I.K Nino Sativara