LPM Mayantara

LPM Mayantara

Sayonara Crawl Jadi Lagu Terakhir Shani di JKT48

Tangkapan layar video klip Sayonara Crawl yang dirilis pada Rabu (11/10) lalu melalui akun YouTube resmi JKT48. (Foto: Fathoni Hadi Nugroho/lpmmayantara.com)


Penulis : Fathoni Hadi Nugroho

MAYANTARA- Babak baru dalam perjalanan panjang JKT48 telah tiba. Lagu terakhir dari salah satu member paling berpengaruh telah dirilis dengan judul "Sayonara Crawl". 

Ini bukan sekadar lagu biasa, melainkan sebuah kenangan indah yang mengikat para penggemar dan member JKT48.

Video klip Sayonara Crawl dari single ke-24 JKT48 akhirnya dirilis melalui akun YouTube resmi mereka pada 11 Oktober 2023 lalu. 

Mulanya Sayonara Crawl merupakan single AKB48 yang ke-31. Tak heran, JKT48 sering mengambil inspirasi dari kakak mereka, AKB48. 

Lagu ini dibawakan oleh 12 member JKT48 dengan Shani sebagai center sekaligus menjadi lagu terakhirnya bersama grup musik J-Pop itu. 

Kedua belas member yang membawakan single tersebut dipilih sendiri oleh Shani, diantaranya Zee, Feni, Gita, Eli, Indah lantaran memiliki ikatan khusus dengan mereka. 

Music Video (MV) Sayonara Crawl yang berdurasi 5 menit ini turut menampilkan keindahan laut Indonesia dengan seragam berwarna biru yang anggun, para member JKT48 berlayar di atas kapal sambil menikmati keindahan alam. I

Ini adalah cara JKT48 menghormati Indonesia, tanah air yang telah menjadi saksi perjalanan mereka. 

Meski demikian, yang membuat lagu ini begitu istimewa adalah liriknya. Walau terkesan sedih, namun berhasil dikemas dengan nuansa ceria.

Tak hanya itu, menjelang akhir lagu, Shani menyelipkan pesan kepada setiap member yang ia kenal. 

"Tetaplah menikmati proses yang ada. Makasih udah jadi Indah yang selalu berjuang," tulis dia kepada salah satu member dalam akhir video klip. 

Bagi para penggemar, single ini adalah kenangan indah yang akan selalu dikenang. Sayonara Shani, terima kasih atas semua kenangan indah!.




Editor: I.K Nino Sativara