LPM Mayantara

LPM Mayantara

Universitas Terbuka Surakarta Gelar Wisuda, Begini Pesan Rektor untuk 605 Wisudawan

Universitas Terbuka Surakarta menyelenggarakan wisuda periode II tahun 2023 yang diikuti oleh 605 wisudawan pada Rabu (20/9) bertempat di Graha Saba Buana, Banjarsari, Surakarta.
(Foto: Nino Sativara/lpmmayantara.com)


Penulis : I.K Nino Sativara

MAYANTARA- Universitas Terbuka Surakarta menyelenggarakan wisuda periode II tahun 2023 pada Rabu (20/9) bertempat di Gedung Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Surakarta. 

Kegiatan yang diikuti oleh 605 wisudawan baik dari program Diploma, Sarjana, dan Magister ini dibuka oleh Direktur UPBJJ UT Surakarta, Dra. Yulia Budiwati M.Si. 

Dalam sambutannya, ia mengungkapkan bahwa berkuliah di Universitas Terbuka memiliki dinamika dan tantangan yang tidak mudah bagi para wisudawan.

"Lulus dari UT itu tak semudah masuknya. Prestasi akademik adalah cerminan pembelajaran yang sudah saudara sekalian lakukan dan terbukti telah berhasil," ungkap Yulia. 

Ia juga menyebut bahwa sesulit apapun tantangan dalam belajar di UT, mahasiswa akan tetap dapat lulus. 

"Sesulit apapun pembelajaran di UT, bukan berarti lulus adalah hal yang tidak dapat ditempuh," tambah alumnus UGM itu.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula perwakilan rektor yang diwakili oleh Muhammad Husni Arifin, Ph.D selaku Dekan FHISIP Universitas Terbuka.

Husni dalam pidatonya menyampaikan pesan penting dari Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, M.Bus.

"Kuliah di perguruan tinggi dengan metode pembelajaran jarak jauh seperti UT memang memiliki dinamika tersendiri. Namun dengan segala kesibukan, saudara sekalian dapat menyelesaikan studi dengan lancar dan ini patut diapresiasi," terang dia. 

Mantan Direktur UPBJJ UT Gorontalo itu juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh wisudawan. 

"Selamat sekaligus rasa bangga kepada seluruh wisudawan/wisudawati yang hari ini di wisuda. Semoga ilmu yang didapat bisa membawa manfaat di masyarakat," ujar Husni.

Selain itu, peraih nilai terbaik dari masing-masing fakultas juga turut diumumkan dalam kegiatan wisuda tersebut. 

Adapun lulusan terbaik dari Fakultas Ekonomi diraih oleh Nisha Shabila dari Program Studi S1 Akutansi dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,91. 

Lulusan terbaik dari Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik berhasil diperoleh Gineung Vidya Wijayanti dari Prodi S1 Ilmu Hukum dengan IPK 3,86. 

Kemudian lulusan terbaik dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berhail dicapai oleh Novi Fitri Puspitasari dari Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,82. 

Terakhir, lulusan terbaik Fakultas Sains dan Teknologi didapatkan oleh Setyowati Widodo dari Prodi S1 Matematika dengan IPK 3,84.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kepala BKPSDM Kabupaten Sukoharjo, Sumini dan Kabid Ketenagaan Disdikbud Jawa Tengah, Nasikin.***