LPM Mayantara

LPM Mayantara

Undang Influencer Top, UT Surakarta Adakan Workshop Cari Cuan Lewat Medsos

Peserta workshop berfoto bersama usai kegiatan. (Foto : Istimewa)


Penulis : Erita Amelia AW

MAYANTARA - Universitas Terbuka Surakarta menyelenggarakan workshop berjudul "Cari Cuan Lewat Media Sosial" pada Minggu (27/8) bertempat di Hotel Amrani Syariah, Surakarta.

Adapun pelaksanaan workshop tersebut bertujuan untuk melatih generasi muda agar dapat memanfaatkan media sosial dengan positif, salah satunya menjadi tempat untuk membangun personal branding sekaligus menjadi ladang penghasilan.

Dalam kegiatan itu, Universitas Terbuka Surakarta mendatangkan narasumber yakni Alfin Dwi Novemyanto yang merupakan seorang influencer media sosial Instagram dan TikTok. 

Dari kedua media sosial itulah ia membagikan tips tentang kuliah di UT, sekaligus menjadi pembicara di berbagai seminar.

Selain Alfin ada pula Melati Karisma, narasumber yang juga berstatus mahasiswi UT itu turut membagikan pengalamannya menjadi influncer di Instagram. 

Melati memiliki 75,7 ribu pengikut di Instagram, melalui akun media sosialnya tersebut ia sering mendapatkan endorsement dan kerja sama untuk mengenalkan suatu produk.

"Saya punya hobi fotografi, dengan begitu saya bisa share beberapa feed Instagram yang keren tentunya dengan typhografi yang bagus juga agar bisa menarik audiens," ujarnya ketika paparan.

Tak cukup sampai di situ, Okfied Sosendar, seorang Presenter TV sekaligus influencer kebugaran juga ikut berbagi pengalamannya dalam mengelola media sosial. 

"Media sosial harus dimanfaatkan dengan baik, bukan hanya sekedar scroll tak bermanfaat yang sebenarnya bisa dijadikan waktu untuk mempelajari suatu hal," jelas Okfied yang pernah menjadi finalis Putri Solo 2016 itu.  

Ketika ditanya mengenai tips kesuksesan dalam mengelola media sosial, Okfied menuturkan bahwa konsistensi merupakan aspek penting untuk terus dipertahankan.

"Kunci dari sebuah kesuksesan adalah konsisten, jadi meskipun kita mengalami kegagalan berulang kali jangan patah semangat. Terus konsisten dan yakin kalau kesuksesan itu akan kita raih," tegas dia.

Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur UPBJJ UT Surakarta Yulia Budiwati, M.Si beserta staf kemahasiswaan UPBJJ UT Surakarta.***



Editor : I.K Nino Sativara