LPM Mayantara

LPM Mayantara

Ragam UKM Diperkenalkan untuk Pertama Kalinya dalam Rangkaian Kegiatan PKBJJ Universitas Terbuka Surakarta

Kegiatan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) UT Surakarta pada Minggu (17/9).
(Foto Istimewa)


Penulis : Fadillah Indiyuni Astuti

MAYANTARA- Kegiatan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh atau PKBJJ Universitas Terbuka Surakarta semester 2023 ganjil berhasil terselenggara di dua tempat secara serentak pada Minggu (17/9/2023). 

Adapun pelaksanaan kegiatan tersebut berlokasi di Hotel Lor In dan Hotel Adhiwangsa Colomadu, Karanganyar dengan diikuti oleh ratusan mahasiswa baru Universitas Terbuka Surakarta. 

Dalam kegiatan itu pula untuk pertama kalinya sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Terbuka Surakarta diperkenalkan kepada para peserta PKBJJ. 

Adanya pengenalan UKM kepada mahasiswa baru ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa UT Surakarta atau HIMASUTA. 

"Sebenarnya promosi UKM dalam acara ini menjadi permintaan HIMASUTA karena penanggung jawab UKM bilang kalau kesulitan mencari perwakilan di setiap UKM untuk acara yang diminta oleh UT akibat terbatasnya anggota," ujar Diana, salah seorang pengurus HIMASUTA. 

Ia juga menerangkan bahwa keberadaan UKM sudah ada sejak tahun lalu namun belum pernah diperkenalkan secara langsung kepada mahasiswa baru. 

Sehingga pada tahun ini, HIMASUTA mengusulkan kepada pihak kampus agar memberikan kesempatan bagi perwakilan setiap UKM untuk memperkenalkan kegiatannya melalui PKBJJ.

Menanggapi adanya permohonan HIMASUTA, pihak kampus pun menyetujui dan mendukung usulan tersebut.

“Ikut bergabung dengan UKM tidak hanya mendapat relasi karena UT pada setiap tahunnya akan mengadakan Disporseni, yang mana kegiatan tersebut akan diikuti oleh beberapa UKM yang ada di UT. Apabila berhasil mendapatkan juara dalam ajang tersebut, akan diberikan beasiswa prestasi oleh UT,” ujar Agil, staf UPBJJ UT Surakarta. 

Staf bidang kemahasiswaan tersebut juga mengungkapkan bahwa, semakin tinggi juara yang didapat maka akan bertambah pula beasiswa prestasi yang diberikan UT. 

Selain untuk menambah anggota baru pada tiap UKM, acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru bahwa UT memiliki UKM yang mampu menjadi tempat penyaluran bakat, minat serta kreativitas mahasiswanya. ***



Editor : I.K Nino Sativara