LPM Mayantara

LPM Mayantara

Pendakian Gunung Ungaran via Perantunan, Jalur Eksotis dengan 3 Puncak Mempesona

Pemandangan puncak Gunung Ungaran. (Foto: Imam Hadi Santoso/lpmmayantara.com)


Penulis : Imam Hadi Santoso

MAYANTARA- Gunung Ungaran yang terletak di Kabupaten Semarang bisa menjadi tujuan pendakian untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu luang. 

Jarak dari basecamp hingga puncak dan juga elevasi jalur yang tidak terlalu panjang memudahkan pendakian tektok atau pulang pergi tanpa menginap.  

Salah satu jalur pendakian Gunung Ungaran yang digemari para pendaki adalah Basecamp Perantunan. Basecamp Perantunan terletak di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. 

Lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota membuatnya disukai oleh para pendaki untuk menggapai puncak Gunung Ungaran. 

Jalur pendakian Gunung Ungaran via Basecamp Perantunan ini memiliki 5 pos di sepanjang jalur pendakian, dengan elevasi dari basecamp sampai puncak sekitar 760 MDPL. 

Keunggulan dari Basecamp Perantunan ini adalah terdapat 3 puncak yang dapat digapai yaitu Puncak Banteng Raider, Puncak Botak, dan Puncak Bondolan. 

Dari Basecamp menuju Pos 1 hanya memakan waktu 15 menit, melewati kebun warga sampai pintu rimba. Kemudian dilanjutkan dengan jalur tanah sedikit menukik ke atas sampai pos 1. 

Selanjutnya untuk menuju Pos 2 hanya memakan waktu kurng lebih 10 menit karena jarak yang dekat dan jalur yang tidak terlalu menanjak. 

Jalur menuju Pos 3 masih berupa jalan tanah menanjak yang dikelilingi hutan pinus lebat dengan estimasi waktu hanya 15 menit berjalan. 

Menuju pos 4 kamu akan melewati Ondo Rante, di mana kontur tanah berupa akar yang berbentuk tangga dan menukik cukup tajam dengan jarak yang lumayan jauh. Estimasi dari Pos 3 ke Pos 4 sekitar 25 menit berjalan santai. 

Sesampainya di Pos 4 kamu akan mendapati jalur percabangan ke arah puncak Bondolan dan ke arah Pos 5. 

Untuk arah puncak Bondolan jalur menukik ke atas dan vegetasi terbuka serta sabana ilalang yang terbuka dengan estimasi 30 menit pendakian. 

Dari pos 4 menuju pos 5 jalur cukup landai dan tidak terlalu menanjak, melewati lembah hantu yang cukup terkenal dengan hutan lumutnya. Dengan jalur yang cukup landai, waktu perjalanan dari Pos 4 menuju Pos 5 hanya sekitar 20 menit. 

Setelah melewati Pos 5 pendaki akan menemukan percabangan jalur puncak yang kedua, yaitu percabangan antara Puncak Botak dan Puncak Banteng Raider. Apabila hendak menuju Puncak Banteng Raider, waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 30 menit dengan trek yang menanjak. 

Sedangkan untuk ke Puncak Botak, dari percabangan kedua berbelok ke kiri melewati hutan lumut. Kemudian menanjak dengan waktu tempuh 20 menit. 

Dari Puncak Botak dapat terlihat Puncak Banteng Raider dan Puncak Bondolan. 

Dengan jalur yang masih asri dan ramah untuk pemula serta waktu tempuh yang tidak terlalu panjang, Gunung Ungaran via Basecamp Perantunan menjadi primadona pendaki yang tidak memiliki waktu luang lama. 

Pemandangan dari puncak yang memanjakan mata dengan Gunung Lawu di sebelah timur, kemudian Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo serta Andong di sisi selatan akan membuat siapapun ketagihan mendaki di Gunung Ungaran.***


Editor : I.K Nino Sativara