LPM Mayantara

LPM Mayantara

Layaknya Provost, Ini Sederet Tugas Divisi PSDM di HIMASUTA

Anggota PSDM HIMASUTA periode 2023-2024. (Foto: Humas PSDM)


Kontributor : Mutiara Putri Pinasti (Divisi PSDM HIMASUTA)

MAYANTARA- Pengelola Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) memiliki peran penting dalam Himpunan Mahasiswa Universitas Terbuka Surakarta (HIMASUTA). 

Keberadaan Divisi PSDM sangatlah dibutuhkan layaknya provost di kesatuan TNI. 

Sama seperti namanya, divisi yang berada di dalam struktur kepengurusan HIMASUTA tersebut memiliki tugas berat dalam menertibkan dan melakukan penyelesaian masalah Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat internal. 

Tanggung jawab PSDM adalah melakukan mediasi permasalahan internal sekaligus mempererat hubungan antar mahasiswa Universitas Terbuka Surakarta. 

Divisi PSDM merupakan divisi yang memiliki tanggungjawab atas kualitas dan kinerja divisi lain di HIMASUTA agar menjadi aktif, kontributif, dan inovatif. 

Selain itu divisi ini juga membantu meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan antar anggota himpunan. 

Dalam menjalankan tugasnya, Divisi PSDM memiliki beberapa tugas, antara lain:

1. Evaluasi 

Kegiatan ini merupakan program kerja dari Divisi PSDM yang mengawasi setiap perilaku individu atau bidang kerja lain di tubuh HIMASUTA yang memiliki kinerja kurang baik.

Selain itu, Divisi PSDM juga bertugas untuk membimbing anggota atau bidang tersebut sehingga dapat menjalankan tugas fungsinya dengan lebih baik. 

Dengan demikian dapat tercipta lingkungan kerja yang baik dan terlaksana secara optimal menuju tujuan organisasi.

2. Upgrading/Bounding 

Kegiatan ini berfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia dan mempererat tali persatuan antar anggota dalam organisasi. 

Tujuan dari upgrading adalah meningkatkan kemampuan individu anggota organisasi dalam koordinasi dan hubungan sesama reka kerja di lingkungan HIMASUTA. Contoh aktivitas upgrading yang dilaksanakan PSDm adalah kegiatan Malam Keakraban, Halal Bihalal, dan sebagainya.

3. Awarding/Nominasi

Tak hanya mengevaluasi dan mengawasi jalannya roda organisasi, PSDM berhak memberikan penghargaan bagi anggota. 

Pemberian penghargaan ini dilakukan sesuai ketentuan dan aspek tertentu yang sudah disepakati oleh anggota PSDM. Umumnya, pemberian penghargaan diberikan pada masa akhir periode.

Tujuan utama dari pemberian penghargaan kepada anggota adalah untuk memberikan motivasi dan apresiasi atas kinerja yang baik selama periode tugas berlangsung.

Itulah sederet tugas Divisi PSDM yang terdapat di dalam struktur organisasi Himpunan Mahasiswa UT Surakarta (HIMASUTA). Yuk gabung bersama kami!.***



Editor : I.K Nino Sativara