LPM Mayantara

LPM Mayantara

Jumlah Mahasiswa Universitas Terbuka Tembus 500 Ribu, FHISIP Geser FKIP Jadi yang Terbesar

Ilustrasi artikel. (Foto: Nino Sativara/lpmmayantara.com)


Penulis : I.K Nino Sativara

MAYANTARA- Jumlah mahasiswa Universitas Terbuka berhasil menembus angka 500 ribu pada masa registrasi 2023.2. 

Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP) menjadi fakultas dengan jumlah terbesar menggeser Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 

Berdasarkan data yang dirilis oleh Universitas Terbuka di laman ut.ac.id, jumlah mahasiswa FKIP pada 22 Mei 2022 tercatat sejumlah 123.443 mahasiswa. Sedangkan FHISIP berada pada angka 113.725. 

Jumlah FHISIP melonjak menjadi 154.056 pada data terbaru yang dirilis pada 22 April 2023 lalu. Sedangkan FKIP sejumlah 125.999. 

Dekan FHISIP UT, Muhammad Husni Arifin Ph.D menyebut bahwa jumlah mahasiswa di fakultas yang dipimpinnya memang mengalami peningkatan. 

"154 ribu itu kan semester yang sebelumnya, sekarang naik lebih banyak lagi menjadi 188 ribu sekian," ungkapnya saat ditemui redaksi pada acara wisuda periode II tahun 2023 UT Surakarta, Rabu (20/9). 

Husni menyebut peningkatan jumlah mahasiswa FHISIP merupakan bentuk semakin dikenalnya UT di masyarakat. 

"Ini artinya peminat program studi di FHISIP itu semakin diminati masyarakat dan juga semakin dipercaya. Itu menjadi salah satu bukti kepercayaan masyarakat," tambah lulusan University of Southampton itu. 

Dengan semakin bertambahnya peminat, Husni menyebut pihaknya akan berusaha meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa. 

Saat ini Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik memiliki 8 program studi sarjana, dan 2 program studi diploma. 

Adapun program studi sarjana yakni Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hukum, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Administrasi Bisnis, Sastra Inggris (Penerjemah), Sosiologi, dan Ilmu Pemerintahan.

Sedangkan program studi diploma yakni D4 Kearsipan, dan D3 Perpajakan.***