LPM Mayantara

LPM Mayantara

Jumlah Keseluruhan Hampir Capai 500 Ribu, Ini Fakultas di Universitas Terbuka dengan Mahasiswa Terbanyak

 

Mahasiswa Universitas Terbuka hampir mencapai 500 ribu pada 2023. (Foto: ut.ac.id).

Penulis : I.K Nino Sativara 

MAYANTARA- Universitas Terbuka menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan jumlah mahasiswa yang terbilang cukup banyak. 

Sebagai institusi pendidikan tinggi yang menjalankan kegiatan perkuliahan secara daring, Universitas Terbuka menjadi kampus dengan pilihan belajar yang beragam dan cukup diminati oleh masyarakat. 

Dilansir dari laman resmi Universitas Terbuka, saat ini UT memiliki cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan sebuah kantor perwakilan di luar negeri. 

Terdapat 39 kantor layanan Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) di seluruh provinsi sebagai perpanjangan tangan dari kampus pusat UT yang berkedudukan di Tangerang Selatan. 

Berdasarkan data statistik jumlah mahasiswa yang dipublikasikan pihak kampus melalui laman resminya pada bulan April 2023 lalu, jumlah total mahasiswa Universitas Terbuka hampir mencapai 500 ribu. 

Adapun jumlah rinci tersebut yakni 439.222 mahasiswa yang terbagi di beberapa fakultas seperti Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pascasarjana, serta Fakultas Sains dan Teknologi.

Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik atau FHISIP menjadi fakultas dengan mahasiswa terbanyak pada 2023 yakni sejumlah 154.056. 

Jumlah tersebut kemudian disusul oleh Fakultas Ekonomi dengan total 130.211 mahasiswa. Kemudian Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan 125.999 mahasiswa. 

Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dengan 24.528 mahasiswa, kemudian terakhir Pascasarjana dengan hanya 4.428 mahasiswa. 

Dengan jumlah mahasiswa yang hampir mencapai 500 ribu, hal tersebut menempatkan Universitas Terbuka sebagai perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia.***





Editor : I.K Nino Sativara