LPM Mayantara

LPM Mayantara

Filosofi Logo ARKAPALA UKM Pecinta Alam UT Surakarta, Cocok Buat Kamu yang Suka Berpetualang

Anggota Mapala ARKAPALA UT Surakarta berfoto bersama seusai latihan.
(Foto: Leo Zaki Aziz/lpmmayantara.com)


Kontributor : Leo Zaki Aziz (Ketua Arkapala-UKM Pecinta Alam UT Surakarta)

MAYANTARA- Nama ”ARKAPALA” memiliki arti yang sangat filosofis di dalamnya. Nama ini dicetuskan dari hasil diskusi anggota perintis dari UKM yang berkecimpung di kegiatan luar ruang ini. 

ARKAPALA berasal dari dua kata yang digabungkan yaitu “Arka” dan “Pala”. 

"Arka" memiliki arti cahaya pertama. Alasan dipilihnya kata tersebut dikarenakan UKM ini merupakan cahaya pertama atau awalan pembentuk yang sebelumnya belum pernah ada. 

Kemudian,“Pala” yang berasal dari singkatan “Pecinta Alam”, dikarenakan UKM ini memiliki kegiatan yang berfokus pada alam terbuka atau luar ruang.



Filosofi Logo

Selain nama, logo ARKAPALA juga memiliki simbol yang bermakna filosofis terdiri dari kompas, gunung, dan aliran air. 

Kompas memiliki filosofi yang menandakan tujuan dan misi dalam hidup. Dalam kehidupan, sangat penting untuk memiliki tujuan dan bekerja ke arah yang benar untuk mencapainya. Kompas dalam hal ini menjadi dasar filosofi yang kami gunakan untuk mengingat hal tersebut. 

Selanjutnya adalah simbol gunung. Setiap pegiat alam terbuka harus memiliki persiapan yang matang, maka filosofi dari simbol ini adalah semua kegiatan harus memerlukan persiapan atau perencanaan yang matang seperti peralatan, ilmu, dan lain-lain. 

Begitu pula dalam hidup jika ingin melakukan sesuatu maka perlu persiapan dan jangan gegabah dalam menentukan keputusan, karena satu keputusan dapat merubah satu masa depan. 

Terakhir, simbol aliran air yang memiliki arti sebagai pedoman hidup. Air merupakan unsur yang kuat di bumi dan unsur yang sangat penting bagi kehidupan. 

Air memiliki sifat lembut, lentur, namun perkasa. Filosofi ini sejalan dengan kebijaksanaan yang dianut oleh masyarakat kita sejak zaman dahulu. 

Itulah penjelasan dari filosofi nama dan logo ARKAPALA, Unit Kegiatan Mahasiswa UT Surakarta yang aktif dalam kegiatan alam terbuka.

Bagi kamu mahasiswa baru yang memiliki ketertarikan dengan ARKAPALA, kamu bisa mengunjungi Instagram @arkapala_utska.

Pada akun media sosial itu kamu bisa stalk sejumlah kegiatan yang sudah kami lakukan. Meski saat ini kami belum membuka rekrutmen baru, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat kami akan membuka pendaftaran anggota baru. Cek dan ikuti media sosial kami ya guys.***



Editor : I.K Nino Sativara