LPM Mayantara

LPM Mayantara

TATV Gelar Program Dialog Bersama Universitas Terbuka Surakarta, Ragam UKM Diperkenalkan

Program Dialog Bersama UT Surakarta di TATV pada Senin (21/8).
(Foto: Nino Sativara/lpmmayantara.com)


Penulis : I.K Nino Sativara

MAYANTARA- Program acara ''Dialog Bersama Universitas Terbuka Surakarta'' berhasil terselenggara pada Senin (21/8) bertempat di Studio TATV, Mojosongo, Solo. 

Acara yang bertujuan untuk memperkenalkan Universitas Terbuka Surakarta kepada masyarakat tersebut dihadiri oleh Direktur UPBJJ UT Surakarta, Yulia Budiwati. 

Dalam sesi wawancara, Yulia menuturkan bahwa saat ini Universitas Terbuka Surakarta telah bertransformasi menjadi perguruan tinggi pilihan pertama di kalangan masyarakat. 

"Sekarang ini UT sudah jadi first choice, pilihan pertama masyarakat dalam menuntut ilmu di jenjang pendidikan tinggi. Biayanya juga murah, bahkan pada semester yang sedang berjalan ini sudah ada sekitar 5 ribu calon mahasiswa yang telah registrasi dari 6 ribu pendaftar," ujar dia. 

Yulia juga mengungkapkan bahwa saat ini, jumlah mahasiswa UT Surakarta telah mencapai hampir 11 ribu mahasiswa. 

''Sebagai perguruan tinggi yang menerapkan pembelajaran jarak jauh, maka jumlah mahasiswa yang besar itu wajar. Contohnya ada mahasiswa yang bisa berkuliah sembari bekerja," ujar perempuan alumnus UGM tersebut. 

Tak hanya soal akademis, dalam dialog tersebut sejumlah perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) juga hadir dan memperkenalkan kegiatan mereka. 

"Saat ini UT tidak hanya berkutat pada akademis, tapi juga ada kegiatan untuk menunjang minat bakat mahasiswa yakni UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)," ujar Cecilia, staf bidang kemahasiswaan. 

Adapun perwakilan UKM yang hadir yakni Futsal, Seni Suara, Basket, Tari, MC, Mapala, Fotografi, E-sport, Voli, dan Jurnalistik. 

Tak hanya menampilkan UKM, program televisi yang disiarkan secara langsung tersebut juga menghadirkan perwakilan HIMASUTA. 

"HIMASUTA atau Himpunan Mahasiswa UT Surakarta merupakan wadah bagi mahasiswa dalam berkumpul dan mengelola kemahasiswaan di UPBJJ UT Surakarta," pungkas Ibnu, anggota HIMASUTA.

Pada segmen akhir, salah satu perwakilan UKM Seni Tari menunjukkan kemampuannya dengan menampilkan improvisasi tari. ***