LPM Mayantara

LPM Mayantara

Sempat Bikin 'KO' Lawan, Begini Kisah Puspa, Mahasiswi UT Surakarta Penyabet Medali Emas Cabor Muaythai di Porprov Jateng 2023

Mahasiswi UT Surakarta, Anggraeni Retnowulan Puspacendani menunjukkan medali emas yang ia dapatkan pada pertandingan cabor Muaythai kelas 63 kg Porprov Jateng 2023. (Foto: Istimewa)


Penulis : I.K Nino Sativara

MAYANTARA- Mahasiswi Universitas Terbuka Surakarta, Anggraeni Retnowulan Puspacendani berhasil menyabet medali emas cabang olahraga Muaythai di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah tahun 2023 yang diselenggarakan di Balai Kartini, Rembang pada Minggu (6/8).

Mahasiswi yang memiliki nama panggilan Puspa ini berhasil mendapatkan juara pertama pada pertandingan Muaythai kelas 63 kilogram Porprov Jawa Tengah  tahun 2023, mewakili Kabupaten Grobogan. 

Mahasiswi Program Studi Manajemen tersebut mengungkapkan belum lama ini menekuni bela diri asal negeri Seribu Pagoda itu. 

"Belum lama ini ikutnya, kurang dari setahun," jelas Puspa saat dihubungi tim redaksi pada Selasa (8/8). 

Meski terbilang baru dan belum lama mengikuti Muaythai, Puspa berhasil menduduki podium pertama lantaran kegigihannya dalam berlatih. 

"Untuk persiapan kira-kira dari awal Juni sampai akhir Juli, latihannya sehari bisa 2 sampai 3 kali," ujar dia. 

Saat mendekati pertandingan, Puspa mengatakan sempat gugup karena melihat lawan yang akan dihadapi. 

"Udah tahu postur lawan tinggi dan besar, agak nervous, tapi bisa diatasi," jelasnya. 

Untuk mendapatkan medali emas, Puspa harus bertanding sebanyak 3 kali. Ia juga berhasil merobohkan lawan hingga "KO" (Knockouts), pada laga pertama. 

"Pertandingan pertama berhasil menang KO, dua pertandingan selanjutnya menang poin," katanya. 

Perempuan yang juga menyandang sabuk hitam tingkat 1 pada bela diri Taekwondo itu sebelumnya juga pernah mengikuti Pra Proprov Jawa Tengah pada 2022 lalu. 

Dengan demikian, Puspa berhasil menambah pundi-pundi emas untuk Kabupaten Grobogan pada Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah 2023. ***