LPM Mayantara

LPM Mayantara

Jumlah Pemain Terbatas, Indonesia Runner Up Usai Tumbang Lawan Vietnam pada Laga Final AFF U23 Championship

Timnas Indonesia. (Foto: pssi.or.id)


Penulis : Oktaviana 

MAYANTARA- Timnas Indonesia mengalami kekalahan pada laga final Piala AFF U23 setelah kalah melawan Vietnam lewat adu penalti pada Sabtu (26/08/2023) malam. 

Bertempat di Stadion Rayong, Thailand skuad Garuda Muda dipaksa bermain imbang melawan Vietnam selama 90 menit pertandingan berlangsung.

Pada babak pertambahan waktu , kedua tim juga belum mampu mencetak gol sama sekali hingga skor 0-0 berakhir pada babak kedua extra time.

Laga dilanjutkan dengan adu penalti. Enam pemainVietnam yakni, Nguyen Duc Viet, Dinh Xuan Tien, Nguyen Hoang Le, Nam Hai Tran, Luong Duy Cuong, dan Ba Dat Thai berhasil membobol gawang Ernando Ari. 

Sedangkan eksekutor penalti Indonesia diwakili oleh Ramadhan Sananta, Jeam Kelly Sroyer, Frengky Missa, Arkhan Fikri, Alfeandra Dewangga dan Ernando Ari.

Sayang, tendangan Ernando Ari ke gawang Vietnam berhasil ditepis oleh kiper Quan Van Chuan sehingga adu penalti berakhir dengan skor 5-6.

Dengan demikian, Timnas Vietnam berhasil membawa pulang trofi juara Piala AFF U23 Championships dan keluar sebagai pemenang. Sedangkan Timnas Indonesia harus puas berada di urutan kedua sebagai runner up

Diketahui dalam pertandingan tersebut, skuad didikan Shin Tae-yong hanya membawa 16 pemain. Hal itulah yang menyebabkan hampir seluruh pemain Timnas Indonesia nampak kelelahan pada babak pertambahan waktu. 

"Meski hanya dengan 16 pemain dan segala keterbatasannya, nyali para pemain kita, karakter para pemain kita patut diacungi jempol. Bangga!," tulis Erick Thohir pada cuitan di akun Twitternya.

Meskipun tidak keluar sebagai juara, Garuda Muda telah melakukan yang terbaik untuk laga Final AFF U-23 dan bersiap untuk mengikuti kualifikasi U23 AFC Cup 2024 pada September mendatang.***


Editor : I.K Nino Sativara