LPM Mayantara

LPM Mayantara

Buka 'Bank Sampah', HIMASUTA Ajak Mahasiswa dan Masyarakat Peduli Lingkungan

Anggota HIMASUTA dalam aksi sosial "Bank Sampah" pada Minggu (30/7). (Foto: Vivi Ariani Putri/lpmmayantara.com)


Editor : I.K Nino Sativara | Penulis: Vivi Ariani Putri 

MAYANTARA - Himpunan Mahasiswa Universitas Terbuka Surakarta (HIMASUTA) mengadakan kegiatan sosial berjudul "Bank Sampah" pada Minggu (30/7) berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, Surakarta bertepatan pada saat CFD (Car Free Day).

Kegiatan sosial yang juga masuk dalam program kerja tersebut merupakan kegiatan pengumpulan sampah yang masih memiliki nilai guna sehingga nantinya dapat dijual kembali.

Ketua pelaksana, Wahyu menyebut bahwa kegiatan "Bank Sampah" dilakukan setiap satu bulan sekali di CFD Surakarta.

"Rencana dilakukan sebulan sekali, dari pukul 07.00 sampai dengan 09.00 WIB. Nantinya hasil dari sampah tersebut disortir kembali dan untuk sampah-sampah yang layak jual akan diteruskan pada pengepul yang sudah bekerja sama dengan HIMASUTA," ujar dia. 

Selain akan dilakukan secara rutin, Wahyu menyebut aktivitas positif Himpunan Mahasiswa Universitas Terbuka Surakarta itu juga memiliki tujuan lain. 

"Kegiatan ini memiliki manfaat penting yaitu dapat membersihkan sampah-sampah yang berserakan, memberikan pemahaman khususnya kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan nantinya beberapa sampah tersebut dapat didaur ulang atau memiliki nilai jual," jelasnya.

Lebih lanjut, Wahyu mengungkapkan bahwa keterlibatan aktif mahasiswa dapat berperan dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan berkelanjutan.

"Melalui upaya bersama dengan masyarakat, HIMASUTA berhasil menciptakan perubahan positif dalam pengelolaan sampah di CFD Solo," sebutnya.

"Semoga dengan ini dapat menginspirasi masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk turut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan melalui inisiatif serupa," pungkas Wahyu.***