LPM Mayantara

LPM Mayantara

Buat Kamu yang Suka Jepret, Yuk Ikutan Lomba Fotografi Universitas Terbuka Surakarta, Biaya Pendaftaran Gratis Lho!

Poster lomba fotografi dalam rangka Dies Natalies Universitas Terbuka yang diselenggarkaan oleh UPBJJ UT Surakarta. (Foto : akun Instagram resmi @utsurakarta).


Penulis : I.K Nino Sativara

MAYANTARA- Dalam rangka Dies Natalis Universitas Terbuka ke-39, UPBJJ UT Surakarta menyelenggarakan lomba fotografi bagi siswa-siswi SMA/K sederajat di wilayah Solo Raya, Salatiga, dan Grobogan. 

Lomba fotografi tersebut mengangkat tema "Study from Anywhere" atau belajar dari mana saja, dan nantinya akan dibagi menjadi dua tahap yakni babak penyisihan dan babak final. 

Babak penyisihan akan dilaksanakan dari tanggal 16 Agustus hingga 3 September 2023. Peserta yang lolos pada tahap ini akan diumumkan pada 7 September 2023 dan karyanya akan ditunjukkan pada pameran dan workshop fotografi Universitas Terbuka Surakarta. 

Pemenang akan diumumkan pada tanggal 9 September 2023 bertepatan pada pelaksanaan worskhop dan pameran fotografi UT Surakarta di Solo Grand Mall. 

Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti lomba fotografi tersebut dapat mendaftarkan diri dan mengunggah foto melalui link di sini. 

Adapun syarat dan ketentuan umum bagi pendaftar yakni : 

1. Peserta lomba adalah siswa-siswi SMA/SMK/Paket C sederajat di wilayah Solo Raya, Salatiga, dan Grobogan dengan menunjukkan kartu pelajar yang masih aktif.

2. Peserta hanya diperbolehkan untuk mengirim 1 karya foto. 

3. Biaya pendaftaran gratis. 

4. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

5. Peserta wajib menyepakati ketentuan yang ada. 

 Syarat dan ketentuan foto : 

1. Karya harus sesuai dengan tema Study From Anywhere atau Belajar Dari Mana Saja.

2. Karya harus hasil sendiri dan belum pernah dipublikasikan.

3. Peserta hanya diperbolehkan menggunakan kamera digital dan DSLR dengan ketentuan foto minimal 2500 x 1875 pixel dalam bentuk softcopy. 

4. Peserta wajib menyertakan nama lengkap, judul foto, deskripsi foto, dan tanggal pengambilan foto dalam bentuk file .doc. (format nama : namalengkappeserta.doc).

5. Peserta wajib mengisi surat pernyataan keaslian karya (format dapat diunduh di link pendaftaran).

6. Olah digital diperbolehkan sebatas perbaikan kualitas foto seperti contrast, hue, cropping, dodging, burning, saturation, level, curve, noise reduction/dust removing. 

7. Dilarang menambahkan tulisan maupun gambar apapun di dalam karya. 

8. Kriteria penilaian meliputi orisinalitas, kreativitas dan keunikan, kesesuaian tema, dan penyampaian pesan dalam foto. 

9. Karya yang diikutsertakan adalah karya yang tidak pernah dilombakan atau dipamerkan sebelumnya dan bukan karya yang melangar hak cipta.

10. Karya tidak boleh mengandung unsur pornografi, SARA, sadisme, atau hal lain yang bersifat merendahkan pihak lain. 

11. Dengan menyatakan diri dalam keikutsertaan, peserta dianggap telah menerima dan menyetujui seluruh ketentuan. 

Setiap peserta yang mengikuti lomba akan mendapatkan e-sertifikat dan piala bagi pemenang. 

Selain itu, peserta juga dapat mengikuti workshop seputar fotografi dan food vlogger yang menghadirkan bintang tamu spesial pada saat pelaksanaan babak final. Yuk buruan daftarkan dirimu!.***