LPM Mayantara

LPM Mayantara

Bangkitkan Semangat Nasionalisme, Universitas Terbuka Surakarta Gelar Latihan Gabungan Pasukan Pengibar Bendera

Peserta Latgab Terbuka tengah mempertontonkan gerakan baris berbaris. (Foto: Tina Tantriyanti/lpmmyanatara.com)


Editor : I.K Nino Sativara| Penulis : Tina Tantriyanti 

MAYANTARA- Universitas Terbuka Surakarta menggelar latihan gabungan bagi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dari berbagai sekolah Se- Kabupaten Sukoharjo pada Minggu (30/7) bertempat di SMAN 1 Mojolaban.

Latihan gabungan Paskibra tersebut diikuti oleh 10 sekolah yang berada di tingkat SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Sukoharjo.  

Dalam kegiatan itu, terdapat pula lomba baris berbaris dan menjadi acara utama yang menampilkan kekompakan dan kepiawaian dari masing-masing tim. 

Para peserta tampak antusias untuk memberikan penampilan terbaiknya dengan formasi-formasi menarik dan gerakan-gerakan yang kreatif. 

Pada akhir latihan, acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba serta dilanjutkan dengan bedah materi tentang baris berbaris variasi. 

Foto bersama seluruh peserta Latgab Terbuka pada Minggu (30/7), bertempat di SMAN 1 Mojoloban, Sukoharjo. (Foto: Istimewa). 


Dalam bedah materi tersebut, para peserta diperkenalkan dengan beragam aspek penting dalam Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang mencakup gerakan-gerakan presisi, teknik pengibaran bendera dengan ketelitian tinggi, serta nilai-nilai kebangsaan dan semangat patriotisme yang harus tercermin dalam setiap langkah mereka sebagai Pasukan Pengibar Bendera. 

Sebagai bagian dari bedah materi, dilakukan juga demonstrasi langsung dari gerakan-gerakan PBB oleh para peserta yang telah terlatih dengan baik. 

Selain melatih kemampuan individu bagi anggota Paskibra, kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi langkah awal yang positif bagi para pemuda untuk meraih kesempatan berkuliah di Universitas Terbuka Surakarta dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.***