LPM Mayantara

LPM Mayantara

190 Ribu Mahasiswa UT Berkuliah Sembari Bekerja, Begini Tips Ampuh Atur Waktu Antara Belajar dan Bekerja

Ilustrasi bekerja sembari berkuliah. (Foto: pixabay.com)


Penulis : I.K Nino Sativara

MAYANTARA- Sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan jarak jauh, fleksibilitas dalam menempuh kuliah di Universitas Terbuka terbilang cukup tinggi. 

Hal tersebut menjadikan Universitas Terbuka sebagai perguruan tinggi yang banyak diminati oleh para pekerja. 

Dilansir dari laman resmi Universitas Terbuka, data demografi pada 29 April 2023 lalu menyebutkan jumlah peserta didik yang bekerja sembari berkuliah mencapai 190 ribu atau 43,27 persen dari total keseluruhan jumlah. 

Dengan kata lain, mayoritas mahasiswa Universitas Terbuka adalah individu yang sudah bekerja sehingga diperlukan metode pembelajaran yang tepat agar dapat membagi prioritas antara bekerja dan berkuliah. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini tips bagi kamu mahasiswa UT yang bekerja sembari berkuliah. 

1. Menyusun Jadwal 

Ketika memutuskan untuk berkuliah sembari bekerja, sudah tentu banyak waktu tersita. Maka dari itu, membuat jadwal antara keduanya sangat diperlukan. 

Penyusunan jadwal yang baik tentu akan memudahkan kamu saat membagi waktu antara bekerja dan berkuliah. 

Dengan adanya jadwal, aktivitas harian kamu akan terpantu dengan mudah dan tidak saling bertabrakan. 

2. Mencatat Agenda dan Membagi Waktu 

Dalam menjalankan kegiatan perkuliahan, tentu terdapat kalender akademik yang sudah ditetapkan. Cara agar tidak bersinggungan dengan jam kerja adalah dengan mencatat setiap agenda yang akan dilakukan. 

Dengan adanya agenda yang tercatat dengan baik, secara otomatis kamu bisa mengatur prioritas waktu antara bekerja dan berkuliah. 

3. Jangan Menunda-nunda Pekerjaan 

Tahap selanjutnya setelah menyusun jadwal dan mencatat agenda adalah berkomitmen tinggi dalam menjalankannya dengan tidak menunda pekerjaan. 

Lakukan saat waktunya, selesaikan tepat pada saatnya. Menunda-nunda pekerjaan bisa menganggu segala hal termasuk karir di pekerjaanmu maupun rencana studi. 

4. Stop Multitasking, Hindari Sistem Kebut Semalam 

Belajar secara berkesinambungan dan bertahap memiliki efektivitas yang lebih baik ketimbang mempelajari semua hal dalam waktu bersamaan. 

Dengan melakukan metode pembelajaran dengan bertahap, setiap materi akan lebih diserap dan dipahami oleh manusia. 

Lakukan pembelajaran dengan waktu yang tidak terlalu lama namun mencapai hasil maksimal. Tentunya, hal tersebut harus dilakukan secara kontinu agar mendapatkan hasil yang baik. 

5. Istirahat dan Menjaga Kesehatan 

Berkuliah sembari bekerja bisa sangat melelahkan, oleh karenanya menjaga kesehatan dan beristirahat dengan cukup sangat diperlukan. 

Mengatur pola makan, berolahraga, dan beristirahat yang cukup akan membantu menjaga stamina tetap dalam kondisi prima. 

Itulah tips mengatur waktu bagi kamu mahasiswa UT yang berkuliah sembari bekerja. ***