LPM Mayantara

LPM Mayantara

Spot Foto Ciamik Batu Pandang Ratapan Angin di Dataran Tinggi Dieng Ini Bisa Jadi Referensi Healing Buat Kamu Lho Guys!

Pengunjung nampak antusias berfoto di Batu Pandang Ratapan Angin, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. (Foto: Ega Kurniawati/lpmmayantara.com)


Editor : I.K Nino Sativara | Penulis : Ega Kurniawati 

MAYANTARA- Dataran tinggi Dieng, Wonosobo merupakan salah satu tempat wisata andalan di Jawa Tengah. Terdapat banyak obyek wisata yang menawarkan keindahan panorama alam di sana, salah satunya adalah Batu Pandang Ratapan Angin. 

Obyek wisata Batu Padang Ratapan Angin buka setiap hari dan memiliki jam operasional dari pukul 06.00 hingga 17.30 WIB

Selain dapat menikmati keindahan alam, pengunjung juga bisa merasakan udara khas pegunungan yang sejuk. Oleh karenanya Batu Padang Ratapan menjadi obyek wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Dieng.

Untuk menikmati keindahan Batu Pandang Ratapan Angin, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15 ribu per orang dan hanya berlaku untuk masuk kawasan obyek wisata ini saja. 

Pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. Lokasi obyek wisata ini berada di kawasan sebelah selatan Telaga Warna dengan ketinggian 2.100 MDPL. 

Dengan lokasi yang cukup strategis, Bantu Pandang Ratapan Angin menjadi tempat yang sekaligus bisa digunakan untuk menikmati keindahan Telaga Warna.

Selain dapat menyaksikan keindahan Telaga Warna, dari titik yang sama pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan Telaga Pengilon yang dipisahkan oleh daratan kecil dan berwarna lebih jernih dari Telaga Warna. 

Spot foto favorit bagi pengunjung biasanya terletak di atas batu besar dengan latar belakang Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Adapun spot lain yang bisa digunakan yakni bentang alam dataran tinggi Dieng yang dapat dijadikan pilihan sebagai latar saat berfoto.

Tepat di sebelah utara Batu Pandang Ratapan Angin, nampak Kawah Sikidang dengan warna kawah yang kehijauan dan asap yang berwana putih. Sementara itu, di sisi timur, terdapat Gunung Prau yang mempesona bagaikan benteng raksasa berwarna hijau yang memanjang.

Masih banyak lagi spot foto yang tidak kalah bagus, hanya saja beberapa lokasi menerapkan tarif di luar harga masuk tiket mulai dari Rp 3 ribu hingga Rp 10 ribu.

Jadi, bagi kamu yang ingin merehatkan sejenak tubuh dan pikiran serta ingin menikmati kesejukan dan keindahan alam sekitar dataran tinggi Dieng, kamu bisa berkunjung dan berwisata di Batu Pandang Ratapan Angin.***