LPM Mayantara

LPM Mayantara

Apa Itu Sipas dan Non Sipas di Universitas Terbuka? Mahasiswa Baru Harus Tahu, Begini Penjelasannya!

MAYANTARA- Sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan melalui pembelajaran jarak jauh, Universitas Terbuka menyediakan layanan Sistem Paket Semester (Sipas) maupun non Sistem Paket Semester (Non Sipas).
Ilustrasi Sipas dan Non Sipas. (Foto: Istimewa)


Editor : I.K Nino Sativara | Penulis : I.K Nino Sativara 

MAYANTARA- Sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan melalui pembelajaran jarak jauh, Universitas Terbuka menyediakan layanan Sistem Paket Semester (Sipas) maupun non Sistem Paket Semester (Non Sipas). 

Bagi kamu mahasiswa baru Universitas Terbuka, tentu saja akan dihadapkan pada pilihan antara memilih Sipas maupun Non Sipas. 

Dilansir dari akun Instagram resmi Universitas Terbuka Surakarta,  Sipas dan Non Sipas memiliki perbedaan signifikan pada mekanisme penentuan mata kuliah dan Satuan Kredit Semester (SKS). 

Pada Sistem Paket Semester (Sipas) mahasiswa tidak perlu melakukan registrasi di setiap mata kuliah, melainkan telah dipaketkan dari pihak kampus. 

Praktisnya, seluruh mata kuliah pada tiap-tiap semester telah ditentukan oleh pihak kampus, sehingga mahasiswa tidak perlu meregistrasi satu per satu. 

Layanan Sipas terdiri dari sejumlah jenis, antara lain : 

1. Sipas Penuh 

Bila kamu memilih layanan ini, artinya seluruh mata kuliah dan SKS telah dipaketkan secara penuh dari pihak kampus. 

Biaya pembayaran untuk layanan ini sudah termasuk dengan buku paket dan mahasiswa diharuskan mengikuti tutorial tatap muka (TTM) di semua mata kuliah. 

2. Sipas Non TTM 

Layanan ini sama seperti Sipas Penuh, namun yang membedakan adalah kamu tidak perlu mengikuti tutorial tatap muka (TTM). 

Sehingga perkuliahan yang dilakukan sepenuhnya menggunakan layanan online e-learning. 

3. Sipas Semi 

Pada layanan Sipas Semi, mahasiswa tidak perlu bingung lantaran seluruh mata kuliah dan SKS telah ditentukan dari pihak kampus. 

Namun yang membedakan dengan Sipas Penuh dan Sipas Non TTM adalah pada layanan ini mahasiswa tetap harus melakukan tutorial tatap muka (TTM) hanya pada 3 mata kuliah. 

Sedangkan untuk mata kuliah di luar mata kuliah TTM akan dilakukan perkuliahan melalui daring. 

4. Sipas Plus 

Khusus Sistem Paket Semester Plus ini hanya ditujukan bagi mahasiswa yang menerima beasiswa. 

Selain terdapat layanan Sistem Paket Semester, mahasiswa Universitas Terbuka juga dapat melakukan perkuliahan dengan layanan tanpa Sistem Paket Semester.

Non Sipas  

Untuk layanan Non Sipas mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih mata kuliah dan SKS. 

Biaya yang dikenakan juga tidak dihitung sepaket seperti Sipas, melainkan dihitung setiap SKS dan juga belum termasuk buku modul. 

Itulah perbedaan Sipas dan Non Sipas yang terdapat pada Universitas Terbuka. Sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) yang melakukan pembelajaran jarak jauh, sudah tentu layanan seperti di atas sangat membantu mahasiswa dalam meraih studi yang maksimal. ***