LPM Mayantara

LPM Mayantara

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Civitas Akademika UPBJJ UT Surakarta Dituntut Lakukan Hal Ini

Mahasiswa beserta staff UT daerah Surakarta melaksanakan upacara hari lahir Pancasila pada Kamis (1/6) bertempat di halaman kantor UPBJJ UT Surakarta.
(Foto: Vivi Ariani/lpm-mayantara.blogspot.com)

Editor: Ignatius Kresnanda Nino S | Penulis: Vivi Ariani Putri

MAYANTARA- Universitas Terbuka Surakarta mengadakan upacara hari lahir Pancasila pada Kamis (1/6) bertempat di halaman kampus UPBJJ Jaten, Karanganyar. 

Upacara hari lahir Pancasila tersebut diikuti oleh para staff karyawan UT Surakarta dan Mahasiswa yang terdiri dari anggota Himpunan Mahasiswa UT Surakarta (HIMASUTA). 

Manajer BBLBA dan Ujian UT Surakarta, Drs. Kamari., M.Pd bertindak sebagai inspektur upacara dan memberikan sejumlah arahan. 

Dalam amanatnya, Kamari menyebut selama beberapa tahun terakhir UT Surakarta telah berkomitmen untuk memperkuat pendidikan Pancasila di kampus. 

Salah satunya melalui program pengajaran online yang terintegrasi sehingga mahasiswa mendapatkan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai Pancasila sekaligus menerapkannya dalam kehidupan sosial.

"Sebagai lembaga pendidikan tinggi, UT Surakarta terus berkomitmen untuk melahirkan generasi yang mencintai dan mempraktikkan Pancasila," ujar dia. 

Ia berharap dengan memperkuat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, mahasiswa UT Surakarta dapat menjadi agen perubahan yang membangun Indonesia yang lebih baik, berdasarkan semangat kebhinekaan dan persatuan.

Lebih lanjut Kamari menjelaskan bahwa Pancasila bukan hanya sebagai dasar negara, tetapi juga menjadi identitas nasional yang harus dijunjung tinggi oleh setiap warga negara. 

"Melalui pendidikan dan aksi nyata, kita dapat menjaga kebhinekaan Indonesia dan mewujudkan cita-cita bangsa yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila," pungkasnya.***