LPM Mayantara

LPM Mayantara

Tak Cuma Mengurus Buku, Yuk Kenal Lebih Dekat Program Studi Ilmu Perpustakaan, Prospek Kerja Menarik Lho!

Ilustrasi. (Foto: Ega Kurniawati/lpmmayantara.com)


Editor: I.K Nino Sativara | Penulis: Ega Kurniawati

MAYANTARA- Stigma lulusan Prodi Ilmu Perpustakaan sering dianggap hanya bekerja mengurus buku di perpustakaan.

Ilmu Perpustakaan merupakan disiplin ilmu yang mempelajari cara mengolah, mengelola, dan mengomunikasikan informasi dari berbagai media, seperti dokumen, buku, ataupun digital.

Selain itu, Ilmu Peprustakaan juga mempelajari asepek manajerial perpustakaan dan kearsipan. Program studi ini melibatkan banyak keahlian di berbagai bidang, seperti informasi teknologi, manajemen, bahkan pendidikan agar mampu untuk memecahkan permasalah yang berhubungan dengan informasi.

Tak hanya itu, program studi ini juga akan belajar dalam mengolah data dan menganalisis data, hingga mengajarkan pula mengenai etika kepustakaan.

Dari hal itu, prospek kerja lulusan Ilmu Perpustakaan sangatlah luas. Salah satunya menjadi pustakawan yang profesional baik di perpustakaan institusi negara maupun swasta.

Selanjutnya, setiap perusahaan ataupun lembaga baik tingkat pemerintah maupun sektor swasta tentu akan mengasilkan pekerjaan dalam bentuk data, dokumen, hingga video, sehingga lulusan Ilmu Perpustakaan sangat dibutuhkan untuk mengolah penyimpanan rekam pekerjaan.

Hal ini menjadi bukti bahwa semuanya membutuhkan arsiparis dan staf administrasi. Beruntungnya jumlah instansi baik pemerintah maupun swasta di Indonesia sangat banyak dan dapat menjadi peluang bagi lulusan Ilmu Perpustakaan.

Dengan kemampuan teknologi informasi dan analisa, kamu juga bisa berkecimpung di dunia percetakan, media, jurnalistik, peneliti, content writer, data analyst, perbankan dan profesi lainnya.

Di Indonesia, cukup banyak perguruan tinggi yang membuka program studi Ilmu Perpustakaan. Salah satunya adalah Universitas Terbuka yang telah terakreditasi B oleh BAN-PT.

Tunggu apalagi, segera daftarkan dirimu!.***