LPM Mayantara

LPM Mayantara

Surat Pembaca dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang Libur Satu Semester untuk Merenungkan Kenapa Terlambat Membayar UKT

Ilustrasi Uang Kuliah Tunggal (UKT). (Foto: pixabay.com)

Surat pembaca dari mahasiswa Ilmu Komunikasi UT Solo

MAYANTARA- Kampusku ini memang unik. Universitas Terbuka mungkin saja punya sistem yang paling keren di antara kampus PTN lain di negeri konoha ini. 

Anda telat membayar UKT? Jelas! auto batal kuliah satu semester. Dan itulah kenapa saya menuliskan surat pembaca ke LPM Mayantara untuk sekedar berbagi pengalaman. 

Saya rasa regsitrasi mata kuliah itu sangat mudah di UT, apalagi bagi saya anak SIPAS Non TTM. Tinggal klik, klik, and klik everything gonna be okay. 

Selesai registrasi, tentu saja sebuah file pdf berisi tagihan segera muncul mak bedunduk di hadapan layar. 

Biasanya, saya ini tertib membaca kalender akademik. Ya! memang itu modal utama mahasiswa UT. Baca dan update informasi selalu melalui berbagai macam plattform yang sudah disediakan kampus. 

Emang keren sih pusinfonya, selalu cepat sat set kalau ada informasi baru (kecuali UAS THE kalo pas jam krusial, emang sering lemot sih). 

Tentu saja kemampuan literasi yang tinggi harus senantiasa dilakukan oleh mahasiswa UT. Sejak awal saya mendaftar, saya berprinsip bahwa tidak akan bertanya pada staff UPBJJ atau senior saat kurang paham sesuatu di sistemnya UT. 

Saya yakin seratus persen kalau dengan literasi yang baik tentu kuliah di UT akan lancar jaya. 

Tapi semester ini saya teledor. Saya kurang memperhatikan batas waktu pembayaran UKT. Dan saat saya sudah sadar kalau terlambat, disitulah saya merasa kok bodoh sekali saya ini. 

Meski begitu tak masalah, saya jadi punya banyak waktu untuk merenungkan kesalahan saya. Mengisi waktu dengan berkarya di profesi saya sebagai pekerja kreatif. 

Walau terkadang agak sangsi juga kalau ditanya temen "UAS dapat lokasi di mana?". 

Tak masalah satu semester ini meliburkan diri. Toh tak ada DO juga di UT (semoga saja terus begini). Saya jadi sedikit tenteram walau telat membayar UKT. 

Sampai jumpa di semester berikutnya, semoga saja nggak lupa lagi.***



Kamu bisa mengirimkan surat pembaca juga lho! Ketentuan dan cara mengirim bisa cek di sini