LPM Mayantara

LPM Mayantara

Sibuk Boleh Sakit Jangan! Berikut Ini Tips Buat Kamu yang Mau Memulai Pola Hidup Sehat agar Tetap Bugar

Ilustrasi hidup sehat dengan berolahraga
Ilustrasi hidup sehat dengan berolahraga. (Foto: pexels.com)


Editor : I.K Nino Sativara | Penulis : Fathoni Hadi Nugroho

MAYANTARA- Kesehatan merupakan bagian paling penting dari hidup kita. Dengan badan yang sehat tubuh dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti bekerja, belajar dan masih banyak lagi. 

Selain itu, dengan menjaga pola hidup yang sehat tubuh akan terhindar dari penyakit. Pada saat tubuh dalam kondisi sakit, segala aktivitas akan terganggu, hingga makan apa pun akan terasa tidak enak.

Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat yakni menjaga pola makan, olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Dalam menjaga pola makan, anda harus mengukur asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti lemak, karbohidrat, dan protein. 

Nutrisi tersebut bisa didapat dari sayur, buah, susu, telur dan daging. Kemudian untuk menjaga pola makan sebaiknya tidak makan secara berlebihan karena dapat menimbulkan naiknya berat badan, rentan terhadap penyakit jantung, hingga munculnya penyakit diabetes. 

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menjaga kebugaran tubuh adalah melalui defisit kalori. Defisit kalori tidak hanya berguna untuk program penurunan berat badan tetapi juga untuk menjaga agar berat badan tetap ideal. 

Selain menjaga pola makan, olahraga yang teratur harus diterapkan agar imun bertambah kuat dan tidak mudah terserang penyakit. 

Berolahragalah minimal 150 menit dalam satu minggu, sehingga tubuh dapat merasakan manfaat dari aktivitas tersebut. 

Anda bisa memulai olahraga dari rumah dengan melakukan senam aerobik. Senam aerobik selain bisa untuk menurunkan berat badan, dapat membuat jantung menjadi lebih sehat. 

Kemudian yang terakhir adalah istirahat yang cukup. Setelah melaksanakan aktivitas yang melelahkan dari olahraga, bekerja atau belajar tubuh akan merasa lelah. 

Hal yang dibutuhkan tentu saja beristirahat sehingga tubuh dapat meregenerasi sel-sel yang telah digunakan. 

Hindari menggunakan gawai secara berlebihan. Kegiatan semacam itu sangat berpengaruh dengan kesehatan tubuh. 

Oleh karena itu untuk tetap bugar setelah beraktivitas, ada baiknya untuk menjaga pola tidur agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Bagi anda yang berusia 17 hingga 80 tahun, jam tidur yang disarakan adalah sekitar 7 sampai 8 jam per hari. 

Dengan menjaga pola makan, berolahraga secara teratur, dan menjaga waktu tidur, tubuh akan membangun ketahanan sehingga kesehatan yang diharapkan bisa tercapai dan semakin produktif dalam beraktivitas sehari-hari. ***