LPM Mayantara

LPM Mayantara

Seleksi Lomba Debat Bahasa Inggris, Dua Mahasiswa UT Surakarta Siap Ikuti Disporseni Tahun 2023

Peserta seleksi lomba debat Bahasa Inggris berfoto bersama dewan juri.
(Foto: Mutiara Putri Pinasti/lpmmayantara.com)


Editor: I.K Nino Sativara | Penulis: Mutiara Putri Pinasti

MAYANTARA- UT cabang Surakarta menyelenggarakan seleksi Debat Bahasa Inggris guna mempersiapkan peserta Disporseni Universitas Terbuka tahun 2023 pada Rabu(14/06/2023) bertempat di Ruang Konsultasi, UPBJJ-UT Surakarta.

Acara seleksi tersebut dibuka oleh Djoko Bimo selaku dosen UT Surakarta dilanjutkan sambutan oleh Jotika selaku tim penyeleksi dari Uiversitas Negeri Sebelas Maret (UNS).

Ana Rahmawati, salah satu peserta yang mengikuti seleksi tersebut mengungkapkan bahwa seleksi ini berguna untuk melatih kesiapan mental serta mendapatkan ilmu tentang cara menyampaikan argumen dengan lebih baik.

"Yang saya dapat dari seleksi tersebut selain cara menyampaikan argumen dengan baik,saya juga jadi lebih mengerti tentang sistem debat British Parliamentary," ungkapnya.

Pada saat seleksi dilaksanakan terdapat sedikit kendala yang harus dihadapi Ana ketika menyampaikan argumentasinya.

Ia mengaku sempat merasa gugup dan sulit fokus saat harus berbicara selama 7 menit. Meski demikian, dirinya dapat segera mengatasi kendala tersebut.

Adapun peserta yang mengikuti seleksi tersebut ada yakni Ana Rahmawati, Gladis, dan Dharma. 

Usai seleksi,Jotika memberi arahan dan ulasan mengenai hasil seleksi ketiga peserta tersebut.

"Saat menyampaikan argumen,peserta belum menggunakan struktur AREL (Assertions-Reasoning-Evidence-Link Back) dengan benar," ujarnya.

Keputusan bulat penyeleksi kemudian meloloskan Ana Rahmawati dan Gladis, sedangkan Dharma harus gugur dalam seleksi tersebut.

Dengan adanya seleksi, diharapkan peserta yang lolos untuk mengikuti lomba Debat Bahasa Inggris dapat memberikan yang terbaik dan tentunya untuk kemenangan dalam kompetisi Disporseni Nasional nantinya.***