LPM Mayantara

LPM Mayantara

Mau Healing Naik KRL Solo-Jogja?, Yuk Cek Dulu Tata Tertib, Rute, dan Harga Tiket Berikut Ini

Penumpang KRL Solo-Jogja.
(Foto: Maya Desi Ghrestyani/lpmmyantara.com)

Editor: I.K Nino Sativara | Penulis: Maya Desi Ghrestyani 

MAYANTARA-  KRL (Kereta Rel Listrik) merupakan salah satu alternatif transportasi yang populer bagi penduduk lokal maupun wisatawan yang ingin bepergian dari ke kota ke kota.

Kini, banyak orang yang memilih naik KRL untuk melakukan perjalanan dibandingkan naik kendaraan pribadi. 

Selain menghemat tenaga dan waktu, KRL disebut dapat memberi kenyamanan kepada penumpang dalam perjalanan karena terhindar dari kemacetan lalu lintas.

Meski demikian, untuk menjaga kenyamanan dengan penumpang lain, terdapat beberapa peraturan yang harus ditaati.

Adapun beberapa peraturan untuk menunjang kenyaman tersebut seperti wajib memakai masker, dilarang makan dan minum di dalam KRL, dilarang duduk di lantai, serta dilarang bersandar pada pintu gerbong.

Kereta Rel Listrik Solo-Jogja sendiri merupakan layanan yang menghubungkan antara Kota Solo (Surakarta), Jawa Tengah dengan Kota Yogyakarta.

Moda transportasi tersebut diminati lantaran memberikan manfaat terutama saat akan pergi beraktivitas, khususnya masyarakat yang berada di Kota Solo menuju ke Yogyakarta maupun sebaliknya.

Dilansir dari Detik, rute KRL Solo-Jogja dimulai dari Stasiun Palur, Solo Jebres, Solo Balapan, Purwosari, Gawok, Delanggu, Ceper, Klaten, Srowot, Maguwo, Lempuyangan, dan pemberhentian terakhir tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Untuk biaya tiket sendiri jika ingin membeli kartu, maka harus membayar dengan senilai Rp 40 ribu untuk satu orang, sedangkan jika melakukan scan menggunakan aplikasi Go-jek, cukup dengan membayar Rp 8 ribu saja.

Dalam satu aplikasi Go-jek kuota penumpang hanya sebanyak 4 orang dalam satu hari. 

Sehingga apabila ingin menaiki KRL lebih dari empat orang, maka siapkan akun Go-jek lebih dari satu untuk mengantisipasi agar tidak terjadi limit pada saat scan tiket.

Calon penumpang juga diwajibkan untuk membeli tiket 30 menit sebelum jadwal keberangkatan agar tidak terburu-buru dan terlambat.

Nah, siapa nih yang punya wishlist KRL Date tapi belum kesampaian? Ga harus nunggu punya pasangan, karena untuk KRL-an saja kamu bisa ajak keluarga, sahabat, bahkan bisa sendirian jika ingin me time.***