LPM Mayantara

LPM Mayantara

Kembangkan Kompetensi Dunia Kerja, Mahasiswa UT Surakarta Berkunjung ke Diskominfo Sukoharjo

Mahasiswa UPBJJ UT Surakarta mengunjungi Kantor Diskominfo Sukoharjo pada Selasa (6/6/2023)
Mahasiswa UPBJJ UT Surakarta mengunjungi Kantor Diskominfo Sukoharjo pada Selasa (6/6/2023).
(Foto: Fathoni Hadi Nugroho/lpmmayantara.com)


Editor: I.K Nino Sativara | Penulis: Fathoni Hadi Nugroho

MAYANTARA- Universitas Terbuka Surakarta menyelenggarakan pelatihan bagi mahasiswa beasiswa pada Selasa (6/6/2023) bertempat di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sukoharjo. 

Adapun pelatihan tersebut dihadiri oleh 47 mahasiswa penerima beasiswa CSR, Bidikmisi dan KIP-K Program Studi S1 Ilmu Komunikasi. 

Mengusung tema "Akselerasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dalam Penyelenggaraan Pemerintahan", Direktur UPBJJ UT Surakarta, Dra. Yulia Budiati, M.Si dalam sambutannya menyebut bahwa mahasiswa harus dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga siap memasuki dunia kerja. .

"Mahasiswa agar semakin memupuk kompetensi dan pengetahuan sehingga semakin mantap dengan profesi yang akan dijalani," ungkap dia. 

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sukoharjo, Suyamto, S.T., M.Kom menjelaskan terkait peran strategis pihaknya dalam pengembangan bidang informatika di wilayah Sukoharjo. 

“Di seluruh desa di Kabupaten Sukoharjo sudah fiber optic aksesnya sudah 200 mbps. Ada 51 desa yang sudah terdistribusi untuk potensi internet sampai ke RT/RW. Jadi kalau ada mahasiswa yang terkendala internet berarti kebangeten, karena sudah ada beberapa titik internet gratis di Kabupaten Sukoharjo contohnya di taman kota, Sonorejo,Jetis, alun-alun dan gedung promosi,” sebutnya.

Selain itu, Suyamto juga menerangkan sejumlah peran strategis dalam mengelola sektor komunikasi dan informatika di wilayah tersebut. 

"Dalam era digitalisasi dan kemajuan teknologi informasi, Dinas Kominfo berperan penting dalam memfasilitasi akses informasi dan komunikasi yang efektif serta melindungi masyarakat dari dampak negatif teknologi," tambah dia.

Para peserta kemudian diajak untuk berkeliling dan menerima materi dari sejumlah divisi kerja yang ada di Dinas Kominfo Sukoharjo. 

Adapun sejumlah divisi tersebut yakni Bidang Sekretariat oleh Suharto, S.Sos, Divisi Persandian dan Statistika oleh Ngadenan, S.Sos., M.M, dan Divisi Aplikasi Informasi oleh Sunarno, S.E., M.T. 

Dalam penyampaian materi, peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Secara bergantian, masing-masing kelompok mendapatkan materi dari narasumber di bidang-bidang yang telah ditentukan.

Selama pelatihan, mahasiswa juga terlibat dalam diskusi, studi kasus, dan simulasi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam menerapkan konsep-konsep yang dipelajari. 

Peserta juga akan diajak untuk berpikir kritis dan mengembangkan ide-ide inovatif tentang bagaimana memanfaatkan teknologi dalam penyelenggaraan pemerintahan yang efisien dan responsif.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mahasiswa UPBJJ UT Surakarta dapat mengembangkan kompetensi dan memiliki wawasan dalam dunia kerja serta mampu memanfaatkan secara maksimal alat komunikasi di era digital.***