LPM Mayantara

LPM Mayantara

Bayar Wisuda 750 Ribu Sebenarnya Nggak Berat, Cuman Kaget Aja Tadinya Gratis

Ilustrasi membayar biaya wisuda
Ilustrasi membayar biaya wisuda. (Foto: pexels.com)


Surat Pembaca dari Anonim.

MAYANTARA- Baru-baru ini lagi hangat di sejumlah laman mahasiswa UT membahas soal sejumlah perubahan biaya pendidikan usai ditetapkannya UT sebagai PTN-BH. 

Jujur waktu saya ngecek di website resminya, ternyata informasinya benar. Asli saya kaget ada biaya wisuda senilai Rp 750 ribu. 

Padahal sebelumnya, uang wisuda sama sekali tidak ada alias nol rupiah. Tentu saja kabar tersebut bikin jump scare kami-kami yang jadi penyokong keluarga (ngeles, aslinya generasi sandwich). 

Rp 750 ribu itu nilai yang nggak mahal sih, nggak berat kok. Tapi hanya berlaku buat sobat mahasiswa yang gajinya udah 2 digit atau 3 digit. 

Buat kami-kami yang UMR under 2 jeti ya nanges dong.  Harga segitu sudah hampir 50 persen dari total pendapatan kami per bulan. 

Ya kali ngutang ke temen cuman buat wisuda. Apalagi harus foto KTP buat dapetin pinjol, up dulu deh. 

Meski baru berlaku mulai tahun depan, tapi kok saya agak kaget sih beberapa kampus yang jadi PTN-BH harganya makin naik. 

Iya sih, katanya masih dapet dana dari negara, dan boleh cari uang di luar pemasukan kas APBN. Tapi kalo langsung segitu ya siapa yang nggak kaget. 

Tapi ya udah sih ya mau bagaimana lagi, daripada nggak lulus. Sekarang nggak cuman semangat nyusun karil sama TAP, tapi ketambahan semangat nabung!. 

Btw, makasih banget buat LPM Mayantara. Web bikinan anak-anak UKM UT Solo ini sih keren, saya jadi punya lahan uneg-uneg. 

Apalagi boleh kirim meski anonim (namanya juga surat pembaca), jadi makin pede deh berkeluh kesah. ***



Kamu bisa mengirimkan surat pembaca juga lho! Ketentuan dan cara mengirim bisa cek di sini