LPM Mayantara

LPM Mayantara

Empat Kali Ikuti Disporseni Universitas Terbuka, Begini Kisah Aditya Mahasiswa UT Surakarta


Aditya saat tengah bernyanyi dengan tim vokalnya (kedua dari kanan).
(Foto: Tina Tantriyanti/lpmmayantara.com)

Editor: I.K Nino Sativara | Penulis: Tina Tantriyanti  

MAYANTARA– Disporseni (Diskusi Ilmiah, Pekan Olahraga, dan Seni) Universitas Terbuka merupakan acara yang selalu dinantikan setiap tahunnya. 

Disporseni Universitas Terbuka adalah wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat dalam bidang karya ilmiah, olahraga, dan seni.

Acara tahunan ini selalu mendapat antusiasme yang luar biasa oleh publik, oleh karenanya banyak mahasiswa berlomba-lomba untuk dapat memperlihatkan hasil terbaik sesuai bidang yang diminati.

Sebuah cerita menarik muncul dari balik panggung Disporseni. Adalah Aditya, seorang mahasiswa Ilmu Hukum Universitas Terbuka Surakarta.

Mahasiswa semester 8 itu telah berpartisipasi dalam Disporseni Universitas Terbuka selama empat tahun terakhir.

Menurutnya, dalam setiap penyelenggaraan Disporseni UT selalu memiliki cerita yang berbeda dan menarik.

"Pada tahun 2020, itu adalah tahun pertama diadakannya lomba paduan suara. Ada 30 mahasiswa dari UT Surakarta yang berpartisipasi, dan biasanya mengadakan sesi latihan di sore hari. Pada kesempatan ini berhasil masuk ke dalam 10 besar," kata Aditya.

Pada tahun 2021, Disporseni mengadakan lomba film yang tak terduga. Meskipun film yang dibuat cukup sederhana, Aditya dan tim UT Surakarta berhasil masuk ke dalam 15 besar dan mendapat Juara Harapan III.

Ia menyebut, momen keberhasilan itu merupakan pencapaian yang luar biasa.

"Kemudian pada tahun 2022, ada kesempatan untuk berpartisipasi dalam lomba vokal grup, karena anggotanya sudah saling mengenal, komunikasi di dalam tim menjadi lebih mudah," jelas Aditya.

Tak berhenti, Aditya kembali berpartisipasi dalam Disporseni UT 2023 sebagai peserta vokal grup. Baginya, ini merupakan kesempatan terakhirnya sebagai mahasiswa di Universitas Terbuka Surakarta.

Ia berharap dapat membawa pulang piala dalam kegiatan Disporseni kali ini. Kegiatan Disporseni Universitas Terbuka 2023 dipastikan akan menjadi momen yang tak terlupakan bagi para peserta. 

"Disporseni diharapkan dapat menjadi acara yang ditunggu setiap tahunnya agar menginspirasi mahasiswa dan mahasiswi untuk menjadi peserta khususnya bagi Universitas Terbuka Surakarta," pungkas dia.***